Destinasi Aurora Terindah

Aurora merupakan fenomena alam yang gak bakal bisa kamu lihat setiap saat. Fenomena ini bisa terlihat jelas saat malam hari, tanpa bulan, dan cuaca sedang cerah. Tempat paling terkenal untuk melihat Aurora yakni di sekitar daerah Kutub Utara atau Kutub Selatan.

Aurora tampak seperti gabungan cahaya warna-warni berwarna biru, merah, kuning, hijau dan oranye yang bergerak perlahan seperti tirai yang terkena angin. Cahaya indah ini hanya terlihat pada malam hari di dekat lingkaran Arktik dan Antartika, yaitu sekitar 66,5 derajat utara dan selatan Khatulistiwa.

Berikut destinasi untuk Melihat Aurora Borealis

• Georgia
Georgia merupakan negara paling selatan yang selalu tertutup laut es tiap tahunnya. Kamu bisa singgah ke sini menggunakan kapal pesiar. Tempat terbaik untuk melihat langit aurora di sekitar Kepulauan Sandwich Selatan, Georgia Selatan. Kamu bisa menyaksikannya antara Maret dan September.

• Fairbanks, Alaska
Fairbanks yang terletak di Alaska, juga menjadi salah satu lokasi terbaik untuk melihat fenomena alam ini. Di sini pengunjung juga disajikan pemandangan, seperti pegunungan tinggi, hutan, dan sungai. Area kota Fairbanks cukup berpolusi. Jika tujuan untuk melihat aurora, menjauhlah sedikit dari area kotanya untuk mendapatkan pemandangan terbaik.

• Tasmania dan Selandia Baru
Meskipun tempat melihat aurora borealis lebih banyak, kamu tetap bisa menikmati keindahan aurora australis dari Tasmania dan Selandia Baru. Uniknya, cahaya selatan di wilayah ini justru dapat dilihat sepanjang tahun, namun jika ingin mendapatkan pemandangan terbaik, maka datanglah ketika mendekati fenomena ekuinoks.

• Kanada
Kanada termasuk salah satu negara dengan pemandangan auorora terbaik. Negara dengan polusi cahaya yang rendah serta memiliki desa wisata untuk menikmati pemandangan langit aurora. Ada dua lokasi terbaik yakni pertengahan Agustus sampai akhir April di Churchill, serta Wood Buffalo pada Agustus sampai Mei.

• Reykjavik, Islandia
Pantai, gunung, gletser, air terjun, dan aurora adalah alasan mengapa para wisatawan memilih untuk ke tempat ini. Selain memberi pemandangan yang spektakuler, penerbangan ke kota ini pun memiliki harga yang cenderung murah.

• Swedia
Bagi wisatawan yang datang dari negara-negara Asia, yang tidak terlalu tahan terhadap cuaca dingin, maka Swedia adalah salah satu lokasi yang cocok.

Bukan hanya itu, Swedia juga merupakan salah satu negara Eropa yang penerbangannya mudah diakses. Pastikan kamu memesan tiket pada periode September hingga Maret karena dalam bulan-bulan tersebut, Aurora Borealis menampilkan warna dan keindahan yang sangat mencengangkan.

• Saariselka, Lapland, Finlandia
Saariselka merupakan pedesaan yang memiliki banyak spot bagus untuk melihat Aurora dan langit malam karena polusi di tempat ini yang cenderung rendah. Tempat ini juga memiliki banyak danau indah, peternakan rusa, restoran, dan penginapan dengan fasilitas terbaik yang patut dicoba. Kuliner di tempat ini juga cukup unik, di mana hampir semua restoran menggunakan daging rusa pada menu mereka. Namun, terkadang pengunjung juga bisa memakan ikan seperti, salmon, bandeng, dan herring yang tidak kalah lezat untuk dicoba.