Di Turki Buka Puasa Banyak ‘Ronde’nya

Sekolahnews.com – Puasa Ramadan di tanah rantau sering menghasilkan kisah unik yang jarang ditemui di kampung halaman. Risya Shofia Putri, mahasiswa asal Indonesia, membagikan ceritanya berpuasa di Turki.

Akrab disapa Risya, ia menceritakan bahwa ini adalah tahun pertamanya merasakan puasa di negara dua benua. Meski baru menginjak tahun pertama, Risya menemukan banyak tradisi puasa di Turki.

“Tradisi saat Ramadan di Turki sebenarnya banyak banget. Mulai dari sahurnya, saat berpuasanya, saat berbuka, sholat tarawih, dan lain-lain,” Ujar Risya kepada detikEdu.”Untuk buka bersama juga banyak banget rondenya,” Sambungnya.

Risya menjelaskan untuk santapan berbuka banyak ‘ronde’ atau tahapan dengan jenis makanan yang berbeda.

Ronde pertama adalah minum air putih dibarengi dengan makan kurma. Kemudian dilanjut dengan makan çorba (soup turkey) dengan pide (sejenis roti).

Setelah salat Maghrib, baru menyantap makanan berat seperti nasi atau bulgur dan lauk lainnya. Akhirnya ditutup dengan makan makanan manis, salah-satunya güllaç.

“O iya, ada juga minuman favorite di kala ramadan loh, yaitu şerbet,” tutur Risya.
Serbet adalah makanan penutup yang terbuat dari es yang dimaniskan dengan gula dengan perasa seperti jus buah, anggur, atau madu.

Selain itu, ada pula tradisi pembagian makanan gratis mirip dengan suasana puasa Ramadan di Indonesia.

“Di sini banyak banget pembagian makan gratis tanpa ada syarat apapun,” jelasnya.

Baik restoran maupun masjid akan menyediakan menu berbuka puasa bagi siapa saja yang membutuhkan.

Untuk sahur sendiri, mirip dengan negara eropa yang kental akan konsumsi roti, Risya dan teman-teman akan sahur dengan roti, selai, kentang, hingga telur rebus.

“Hitungannya jadi lebih sehat ya tinggal di sini,” Canda Risya.

Sebagai penutup, mahasiswa jurusan Hubungan Internasional di Kütahya Dumlupınar Üniversitesi ini menjelaskan Salat Tarawih di Turki sedikit berbeda dengan Indonesia.

“Untuk Salat Tarawihnya sendiri hampir sama dengan di Indonesia, hanya saja karena mayoritas disini bermadzhab hanafi ada sedikit hal yg berbeda pada saat rakaat terakhir dalam Salat Witir, yaitu terdapat 2 kali takbir sebelum ruku,” Jelasnya.

Waktu Salat Tarawih di Turki tidak terlalu malam. Pada puasa Ramadan2022 ini Tawarih dilaksanakan sekitar pukul 21.30-22.00 TRT (Waktu Turki).(detik.com).