Diet Seimbang untuk Cegah Kanker Payudara

Dok. Pexel

Sekolahnews – Makan diet seimbang sangat penting bagi penderita kanker payudara. Nutrisi yang tepat dapat membantu tubuh sembuh dari pengobatan kanker, yang dapat menimbulkan banyak efek samping seperti sariawan, nafsu makan rendah, mual, dan muntah.

Diet sehat dapat membantu mempertahankan berat badan yang ideal, menjaga kesehatan jaringan tubuh, mengurangi gejala kanker dan efek samping pengobatan, menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat, mempertahankan kekuatan, dan mengurangi kelelahan.

Jika kamu kesulitan makan cukup, gunakan tips ini untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi ke dalam makanan harianmu.

Jika menderita kanker payudara, kemungkinan besar kamu sedang menjalani kemoterapi, terapi hormon, atau mengonsumsi obat.

Pengobatan kamu tergantung pada jenis dan stadium kankermu, kamu mungkin juga membutuhkan radiasi. Di antara efek samping yang berbeda, kamu mungkin kehilangan nafsu makan.

Biasanya kamu akan mendapatkan perawatan ini setelah menjalani operasi payudara, juga dikenal sebagai lumpektomi atau mastektomi parsial, atau mastektomi penuh.

Mengatasi perawatan dan perubahan fisik bisa jadi sulit, penderita kanker payudara mengalami depresi atau kecemasan.

Kanker payudara dapat secara signifikan mempengaruhi kesehatan fisik dan mental, hal itu dapat berdampak negatif pada nafsu makanmu.

Meskipun sulit, membuat pilihan makanan yang baik dapat membantu menyehatkan otak dan tubuhmu, saat terus melawan penyakit.

Tidak ada diet khusus yang dianjurkan untuk penderita kanker payudara. Kebutuhan nutrisi dapat bervariasi tergantung pada banyak faktor yang mencakup diagnosa medis lainnya. Rekomendasi makanan berikut, bisa menjaga kesehatan saat mengidap kanker payudara.

Makanan padat nutrisi
Makanan utuh seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian utuh, polong-polongan, sumber protein seperti ayam dan kalkun, ikan berlemak seperti trout atau salmon, dan sumber protein nabati seperti lentil dan kacang-kacangan.

Makanan tinggi lemak
Makanan sehat dan protein, jika perlu mempertahankan atau menambah berat badan, masukkan sumber lemak sehat seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, alpukat, dan minyak zaitun serta sumber protein seperti telur, ayam, dan ikan. Dengan memakan makanan yang kaya kan serat, akan memperkuat massa otot.

Cairan campuran
Minuman seperti milkshake, smoothie, jus, atau sup untuk saat-saat ketika kamu tidak ingin makan makanan padat.

Makanan berserat
Makanan berserat tinggi seperti biji-bijian, biji rami, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan untuk mengobati sembelit.