Duduk Dekat Jendela Bisa Tingkatkan Produktivitas Kerja

Duduk dekat jendela diketahui bisa meningkatkan produktivitas kerja.

Sekolahnews – Jika kamu mengalami kelelahan atau merasa produktivitas sedang menurun, cobalah untuk duduk di dekat jendela. Cari posisi di kantor yang memungkinkan untuk duduk di dekat jendela dan terkena sinar matahari langsung.

Sebab, sebuah penelitian menyebutkan bahwa duduk di dekat jendela bisa membantu kamu bekerja dengan lebih baik.

Sebuah studi pada tahun 2018 di Cornell University pernah mengkonfirmasi penemuan ini. Studi ilmiah tersebut mengungkapkan bahwa terpapar cahaya matahari alami dari jendela mampu mengurangi ketegangan mata, sakit kepala hingga mengurangi rasa kantuk.

Studi lain juga pernah mengungkapkan hal serupa. Misalnya sebuah penelitian di tahun 2021 di Barlett School of Architecture, University College London. Penelitian ini menemukan bahwa pekerja yang bekerja di kantor akan lebih produktif ketika mereka duduk di dekat jendela.

Namun, meksi begitu, ada beberapa hal lain yang justru bisa menghalangi kamu dari produktivitas meski duduk di dekat jendela. Dikutip dari laman science jika pekerja duduk di dekat jendela, namun ada banyak meja dibelakanngya, penelitian justru melaporkan bahwa hal ini akan menyebabkan produktivitas lebih rendah.

Sebab, ketika banyak meja di belakang si pekerja hal ini menimbulkan rasa takut atau resah yang menggangu kinerja. Dasar kekhawatirannya adalah kinerja yang akan lebih diperhatikan dan dibicarakan oleh rekan kerja yang lain yang berada di belakang meja.