Etika Bersepeda di Jalan Raya

Sekolahnews.com — Saat ini, bersepeda kembali menjadi tren. Mungkin juga karena anjuran pemerintah untuk berolahraga bisa mengurangi risiko terkena korna. Toko-toko sepeda pun kepayahan dalam menghadapi permintaan konsumen.

Jalan raya juga semakin sering dihiasi oleh pesepeda dari berbagai jenisnya. Namun kadang kala kita semua abai dengan etika bersepeda di jalan raya.

Etika bersepeda di jalan raya merupakan hal penting yang harus selalu diingat dan diterapkan. Pasalnya kita tidak hanya menggunakan jalan tersebu untuk kepentingan pribadi tetapi umum.

Baca juga: 5 Olahraga Ini Jadi Favorit Milenial

Ada baiknya kita mengetahui apa saja etika bagi para pesepeda di jalan raya yang dilansir dari laman carciscus.barbuk.id :

  1. Yakinkan bahwa sepeda kalian dalam keadaan yang baik. Sangat penting untuk memastikan sepeda yang akan dikendarai dalam keadaan yang siap atau laik digunakan. Ini mennyangkut keselamatanmu di jalan raya.
  2. Gunakan perlengkapan pendukung. Bersepeda juga membutuhkan kenyamanan, sehingga kalian perlu menggunakan perlengkapan yang nyaman sekaligus aman. Bisa memakai helm, sepatu , baju jersey dan hal lainnya yang dapat membuat kondisi bersepedamu semakin asyik sekaligus dilindungi.
  3. Jangan melanggar peraturan lalu lintas. Ini yang seringkali menjadi keprihatinan banyak pihak. Bersepeda itu ya seperti pengguna jalan raya lainnya. Tetap patuh pada peraturan yang berlaku. Bukan seenaknya sendiri.
  4. Hargai pengguna jalan raya lainnya. Bersepeda bukan semata-mata saja berolahrga tetapi juga berolah rasa. Kita harus memberikan kesempatan pengendara yang lain untuk berkendara. Mereka juga punya hak yang sama dalam menggunakan jalan raya.
  5. Pergunakan tangan sebagai isyarat. Hal terakhir ini juga penting untuk dilakukan agar mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Jika ingin menyeberang pastikan menggunakan ayunan tangan untuk memberi isyarat. Bisa juga sebagai kode yang digunakan road captain untuk memberi panduan ketika bersepeda dalam rombongan.

Baca juga: Inilah 8 Olahraga Aneh di Dunia

Bersepeda tidaklah dilarang, siapa sih yang gak ingin hidup sehat? Semua pasti menginginkannya. Bersepeda boleh saha asal tidak melupakan atau bahkan meninggalkan etika.(*)