Fakta Unik Macaron

Macaron merupakan sejenis makanan ringan atau kudapan khas Prancis yang pada dasarnya memiliki keterkaitan dengan kue meringue.

Umumnya macaron memiliki bahan-bahan yang terbilang mudah ditemukan, namun cukup rumit pengolahannya. Bahan-bahan tersebut antara lain gula, putih telur, tepung almond, dan pewarna makanan.

Proses pengolahannya juga harus dilakukan sehati-hati mungkin agar hasilnya tidak gagal. Di balik kelezatannya, sudahkah kamu mengetahui fakta menarik seputar macaron?

Untuk kamu yang penasaran mengenai fakta menarik seputar macaron yang dapat diulas, simak, yuk apa saja!

Asal Nama Macaron

Tahukah kamu bahwa ternyata nama macaron berasal dari bahasa Italia yaitu maccarone yang bermakna tekstur adonan yang lembut. Hal ini tentu saja didasari karena macaron memiliki tekstur adonan yang cukup lembut dengan isian yang lembut pula.

Bukan dari Prancis

Meskipun secara umum macaron dikenal banyak orang sebagai kudapan manis khas Prancis, ternyata faktanya orang pertama yang menemukan macaron berasal dari Italia. Catherine De Medici merupakan nama dari koki bangsawan Italia yang pada tahun 1533 yang kemudian menjadi Ratu Prancis.

Memiliki Hari Nasional

Macaron memang memiliki eksistensi yang luar biasa hingga memiliki Hari Nasional tersendiri di New York yang jatuh pada tanggal 20 Maret dan masih diperingati sejak tahun 2010. Konon orang-orang New York akan memperingati hari macaron dengan cara membagikan atau mendapatkannya secara gratis melalui toko-toko kue.

Evolusi Macaron

Macaron yang selama ini kita kenal sebagai kudapan manis dengan warna menarik ternyata pada awalnya hanya berupa kue kering biasa tanpa memiliki isian apalagi warna yang menarik. Namun, pada abad ke-20 macaron berubah menjadi kudapan yang sekarang kita kenal. Ide awal ini tercetus dari seorang Pierre Desfontaines yang ingin mengubah macaron seperti sandwich dengan isian yang lezat.