Film Yuni Terinspirasi Puisi Sapardi Djoko Damono

Sekolahnews. Com – Film Yuni berhasil menang dalam Toronto International Film Festival 2021, untuk kategori Platform Prize. Kategori ini dipersembahkan untuk film-film yang dinilai memiliki nilai artistik tinggi dan visi penyutradaraan yang kuat. Lantas, film ini bercerita tentang apa?
 
“Film Yuni berkisah tentang Yuni, seorang gadis remaja cerdas dengan impian besar untuk kuliah. Ketika dua pria yang hampir tidak dikenalnya datang melamar, ia menolak lamaran mereka. Penolakan itu memicu gosip tentang mitos bahwa seorang perempuan yang menolak tiga lamaran tidak akan pernah menikah. Tekanan semakin meningkat ketika pria ketiga melamarnya, dan Yuni harus memilih antara mempercayai mitos atau mengejar impiannya,” tulis keterangan pers yang dirilis Fourcolours Films, selaku rumah produksi Yuni.
 
Sebagai sutradara, Kamila Andini, mampu mengangkat isu perempuan secara lebih peka. Termasuk mendobrak stigma lewat bahasa visual dan memberi sudut pandang yang lebih luas bagi penontonnya. Hal ini yang membuat film Yuni spesial, karena semata tak hanya berpusat pada kepentingan kisah-kisah yang dianggap laku di pasaran.

Dalam proses pengerjaannya, Kamila juga terinspirasi dari karya ikonik Sapardi Djoko Damono, “Hujan di Bulan Juni”.
 
“Yuni terinspirasi dari salah satu puisi terkenal karya Sapardi Djoko Damono berjudul ‘Hujan di Bulan Juni’. Hujan yang jatuh di musim yang tidak tepat. Saya membangun karakter Yuni sebagai seorang remaja yang dipaksa untuk dewasa tidak pada waktunya. Seorang remaja yang penuh mimpi, dengan media sosial saat ini yang menunjukkan dunia ada di genggamannya, tetapi yang harus dipikirkannya adalah menghadapi lamaran dan menikah. Saya mendengar begitu banyak cerita tentang gadis remaja yang punya potensi dan prestasi tapi harus gagal karena pernikahan, dan saya merasa perlu untuk membicarakan isu ini,” ungkap Kamila, dalam keterangan pers
.
Skenario film Yuni ditulis oleh Kamila Andini dan Prima Rusdi, diproduseri oleh Ifa Isfansyah, dan diproduksi oleh Fourcolours Films bekerja sama dengan Akanga Film Asia (Singapura), Manny Films (Perancis). Film YUNI diperankan oleh Arawinda Kirana, Kevin Ardilova, Dimas Aditya, Marissa Anita, Asmara Abigail, Muhammad Khan, Nazla Thoyib, Neneng Risma, Vania Aurell, Boah Sartika, Anne Yasmine, Toto ST. Radik, Mian Tiara, Ayu Laksmi, dan Sekar Sari. 
 
Yuni akan melanjutkan perjalannya ke beberapa festival lain, seperti Busan International Film Festival, Vancouver International Film Festival, dan Chicago International Film Festival.(medcom.id).