Final Badminton Asia Championship: Rekor Duel Jonatan Christie Vs Lee Zii Jia

Pemain tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, akan menghadapi Lee Zii Jia (Malaysia) pada final Badminton Asia Championship 2022, Minggu (1/5/2022).

Rangkaian final Badminton Asia Championship atau Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022 hari ini akan dimulai tepat pada pukul 12.00 WIB.

Jonatan Christie selaku unggulan keempat lolos ke final Badminton Asia Championship 2022 setelah menumbangkan juniornya, Chico Aura Dwi Wardoyo, Sabtu (30/4/2022).

Bertanding di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Filipina, Jonatan Christie harus berjuang tiga gim selama 57 menit untuk mengalahkan Chico Aura.

Skor akhir kemenangan Jonatan atas Chico adalah 21-9, 18-21, dan 21-16.

Ini adalah keberhasilan ketiga Jonatan Christie secara beruntun lolos ke final turnamen.

Sebelum BAC 2022, Jonatan Christie sukses merebut gelar juara Swiss Open 2022 dan menjadi runner up Korea Open 2022.

“Hasil ini bagi saya sebenarnya tidak hanya hasil dari kerja keras saya saja, ada campur tangan Tuhan juga dan peran pelatih pastinya,” kata Jonatan seusai memastikan tiket final BAC 2022 dikutip dari PBSI.

“Coach Irwansyah benar-benar melatih saya dan tim tunggal putra dengan kualitas yang cukup bagus,” ujar Jonatan menambahkan.

Di sisi lain, Lee Zii Jia lolos ke final Badminton Asia Championship 2022 setelah menumbangkan wakil China non-unggulan, Weng Hong Yang.

Lee mengalahkan Weng Hong Yang dua gim langsung alias straight game dengan skr 21-11 dan 21-19 dalam kurun waktu 39 menit.

Sebelum final Badminton Asia Championship 2022, Jojo dan Lee Zii Jia sudah pernah bertemu lima kali.

Hasilnya, Jonatan Christie unggul telak dengan raihan empat kemenangan dan hanya menelan satu kekalahan.

Namun, Jojo harus waspada karena satu-satunya kekalahan dari Lee Zii Jia terjadi pada duel terakhir kedua pemain.

Pertemuan terakhir Jonatan Christie dan Lee Zii Jia terjadi dua tahun lalu tepatnya pada babak pertama All England Open 2020.

Jonatan Christie saat itu langsung tersingkir pada babak pertama All England Open 2020 setelah takluk dua gim langsung dari Lee Zii Jia dengan skor 15-21 dan 13-21.

Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie, berpotensi mengukir sejarah jika berhasil mengalahkan Lee Zii Jia pada final Badminton Asia Championship 2022 hari ini.

Tinta emas itu adalah Jonatan Christie akan menjadi tunggal putra Indonesia pertama yang berhasil menjadi juara Badminton Asia Championship dalam 15 tahun terakhir.

Tunggal putra Indonesia terakhir yang berhasil meraih medali emas Kejuaraan Bulu Tangkis Asia adalah Taufik Hidayat pada 2007.

Setelah itu, publik Tanah Air harus menunggu 15 tahun untuk kembali melihat tunggal putra Indonesia tampil di final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia.

(Kompas)