Gurun-Gurun di Dunia

Diperkirakan sepertiga dari luas daratan di bumi ini terdiri atas kawasan kering dan tandus yang disebut dengan gurun. Terdapat beberapa negara yang dianugerahi gurun di wilayahnya.

Biasanya, gurun berada di tengah sebuah benua karena sebagian besar merupakan daerah bayangan hujan sehingga gurun sangat kering.

Karakteristik flora gurun juga dipenuhi dengan magetherma, yakni tumbuhan berdaun kecil seperti duri, berakar panjang, serta dapat menyimpan air dalam jaringan spon. Sementara, fauna gurun yang identik, yakni kadal.

Dalam bayangan setiap orang, penampakan gurun adalah hamparan padang pasir yang luas dan sangat terik sehingga banyak dari mereka yang enggan untuk menginjakkan kaki ke tempat itu. Namun, kamu harus melihat sisi lainnya supaya bisa mendapatkan pancaran keindahannya.

Berikut adalah beberapa padang gurun pasir di dunia yang bisa kamu kunjungi.

1.Sahara, Afrika Utara
Gurun ini adalah gurun pasir yang paling terkenal di dunia. Luasnya yang mencapai 3,6 mil persegi membuat Gurun Sahara menjadi yang terbesar di dunia.
Sahara diambil dari bahasa Arab yang berarti “padang pasir”. Gurun Sahara juga memiliki beberapa bukit pasir yang tingginya lebih dari 590 kaki. Wah, jangan sampai nyasar di sini, deh.

2.Gurun Gobi, China dan Mongolia
Gurun Gobi terletak di daratan China dan Mongolia. Luas gurun ini mencapai 1,29 juta km². Walaupun memiliki suhu yang ekstrem, lokasi ini juga sering dijadikan tempat wisata karena keindahannya.
Dalam bahasa Mongolia, “Gobi” berarti sangat besar dan kering. Gurun Gobi ini juga disebut sebagai rumah dari cacing Mongolia yang mematikan. Cacing ini dapat memuntahkan asam untuk membunuh mangsanya. Ngeri juga ya.

3.Thar Desert, India
Selain di China, ada lagi nih padang gurun yang cukup terkenal di Asia, namanya Gurun Thar di India. Gurun ini menjadi yang terbesar ke-17 di dunia. Habitat yang hidup di sini pun bervariasi, seperti terdapat 23 spesies kadal dan 25 spesies ular. Harus waspada!

4.Valley of The Moon, Argentina
Kering dan kasar, itulah yang akan ada benakmu ketika berkunjung ke sini. Pemandangan tandus ini lebih mirip dengan permukaan bulan. Banyak batu raksasa dan fosil. Seperti fosil dinosaurus tertua, ikan, amfibi, reptil, dan lebih dari 100 spesies tanaman.

5.Salar de Uyuni, Bolivia
Gurun ini bukan padang pasir, melainkan dataran garam terbesar di dunia bernama Salar de Uyuni, dengan luas 10.582 kilometer. Letaknya ada di antara Potosi dan Oruro, dekat puncak Pegunungan Andes, Bolivia.
Dataran garam ini terbentuk oleh danau prasejarah yang kering, permukaannya pun tertutup oleh lapisan garam setinggi beberapa kaki. Jika turun hujan, dataran ini akan tertutup air tipis. Sehingga tempat ini menjelma menjadi cermin alam yang sangat besar, bahkan bisa disebut sebagai cermin terbesar di dunia.

6.Namib, Namibia, Afrika Selatan
Jika Afrika Utara punya Gurun Sahara, Afrika Selatan punya Gurun Namib. Luasnya mencapai 1.200 mil dan dianggap sebagai gurun tertua di dunia. Namib dikenal dengan lautan pasir berwarna oranye.
Gak kalah dengan Sahara, Namib juga memiliki beberapa bukit pasir dengan tinggi 980 kaki. Wah, bukit-bukitnya justru lebih besar daripada Sahara nih.

7.The Wave, Arizona, Amerika Serikat
Lokasinya ada di bagian utara dari Buttes Coyote di Arizona, di antara Paria Canyon dan Monumen Nasional Vermillion Cliffs.
Untuk mengunjungi tempat ini, tidak semudah yang kamu kira. Kamu harus memasukkan undian setiap hari untuk mendapatkan tiketnya. Cara ini dilakukan demi melindungi struktur gelombangnya tidak rusak karena banyaknya wisatawan.

8.White Sands National Monument, New Mexico
Berbeda dengan padang gurun yang biasanya nih, kali ini pasirnya berwarna putih seperti salju. Lautan bukit-bukit pasir gipsum ini luasnya mencapai 275 mil persegi. Monumen Nasional White Sands terbentuk ketika air laut dangkal menyusut jutaan tahun lalu. Berkat adanya komposisi mineral, pasir di sini sangat sejuk ketika disentuh.

9.Gurun Kalahari
Gurun Kalahari memiliki luas mencapai 930 ribu km². Uniknya, gurun yang terletak di Benua Afrika ini terbagi menjadi dua wilayah yang mana turun hujan akan tumbuh padang rumput.

10.Gurun Patagonia
Gurun Patagonia yang juga dikenal dengan nama Stepa patagonia terletak di Amerika Selatan, tepatnya di negara Argentina. Gurun ini memiliki luas mencapai 673 ribu km² sehingga menjadi salah satu gurun terluas di dunia.

11.Gurun Atacama, Amerika Selatan
Gurun Atacama terletak di Peru dan Chili dan berada di sebelah barat Andes. Gurun tersebut dikenal sebagai tempat paling kering di dunia.

12.Gurun Taklamakan
Gurun ini terletak di barat daya Daerah Otonomi Uyghur Xinjiang di barat laut China. Taklamakan adalah gurun pasir terbesar kedua di dunia.

13.The White Desert, Mesir
The White Desert yang juga dikenal sebagai el-Sahara el-Beida ini terletak di sebuah taman nasional di Mesir, beberapa jam dari Kairo. Penampakannya seperti planet lain karena banyaknya formasi bebatuan yang terbentuk dari pasir dan erosi. Pada tengah hari, The White Desert akan sangat menyilaukan, dan akan berkilau seperti emas saat matahari terbenam.