Hindari 5 Kesalahan dalam Memilih Jurusan

Sekolahnews.com – Untuk kamu yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah, pertimbangkan kembali jurusan – jurusan yang akan kamu pilih.

Tidak ada salahnya mempertimbangkan jurusan yang kamu pilih. Mengapa? Ingat, jurusan yang kamu pilih adalah apa yang akan kamu lihat, rasakan, dan jalani selama empat tahun (buat mahasiswa S1), tiga tahun (buat mahasiswa D3), dua tahun (buat mahasiswa D2) , dan selama satu tahun (buat mahasiswa D1).

Salah memilih jurusan pada akhirnya akan kesulitan dalam mengikuti pelajaran dan menyusun skripsi atau tugas-tugas lain. Ini akan berdampak buruk di masa mendatang.

Sebelum penyesalan ini kamu alami, ada baiknya kamu hindari 5 kesalahan yang sering dilakukan mahasiswa dalam memilih jurusan.

1. Memilih Jurusan yang sama sekali tidak disukai karena daya tampungnya besar

“Jurusan A punya daya tampung 180? Waah aku pilih yang ini aja, deh!”. Tapi ketika ditanya apa kamu suka jurusan A, kamu jawabnya tidak.

Kesalahan ini sering dilakukan oleh mahasiswa, terbukti dari adanya ungkapan yang sering terdengar di sekitar kita. “Yang penting lulus dan masuk aja dulu, toh lambat laun pasti terbiasa! Kalau masih belum cocok, tahun depan kan bisa ikut seleksi lagi ”.

Kamu mungkin bisa ikut seleksi, namun setahun perjuangan akan terasa sia – sia jika dipikirkan lebih jauh. Ingatlah usiamu semakin bertambah, ingat juga bahwa kedua orangtuamu telah berjuang untukmu selama setahun untuk jurusan yang kamu pilih.

2. Memilih jurusan tersebut karena keinginan orang tua

Kamu yang akan menjalani masa perkuliahan, yakinkan dirimu dan kedua orang tuamu bahwa jurusan yang kamu pilih adalah yang terbaik untukmu.

Coba pikirkan kembali, kelak orangtua akan merasa lebih bangga ketika kamu mampu menyelesaikan studi, bekerja di bidang yang kita sukai, dan membantu mereka, dibandingkan dengan kamu tersesat di tengah jalan di jurusan yang ibu kamu sukai.

3. Memilih jurusan karena “gengsi”

Kamu ingin masuk jurusan Ilmu Komputer supaya dibilang orang keren, hebat dan sebagainya, tapi sebenarnya kamu gak punya skill disana.

Sebelum kamu menderita di jurusan yang kamu pilih sendiri karena skill kamu memang bukan disana, lebih baik kamu memusatkan perhatian pada jurusan yang benar – benar sesuai dengan skill dan minat kamu.

4. Memilih jurusan yang tidak dimengerti sama sekali

Jika kamu memilih jurusan yang bahkan kemampuan dasar yang dibutuhkan jurusan itu sendiri kamu belum menguasai, maka bersiaplah untuk bermimpi buruk setiap hari.

Sekalipun kamu bisa belajar otodidak dari dasarnya, namun hal yang pasti adalah saat kamu sedang belajar dari awal, teman – temanmu sedang berkembang untuk menjadi lebih expert. So, guys, mari dipikir lagi, ya..

5. Memilih jurusan karena ikut teman atau pacar

Upss.. Supaya bisa tetap jumpa dan dekat sama pacar atau teman, kamu bela – belain ikut jurusan mereka?

Sebaiknya kamu pertimbangkan bahwa di masa kuliah nanti, yang paling mungkin menyelamatkan dirimu adalah kemampuanmu, bukan kemampuan mereka yang dekat denganmu saat ini.

Kamu adalah pejuang masa depan, dan mereka pun demikian. Jangan sampai masa depanmu bergantung pada minat dan kemampuan orang lain ya, guys!

Langkah awal yang tepat akan mempermudahmu untuk menuju masa depan

Lima hal di atas adalah hal yang seringkali membuat mahasiswa terjebak dalam jurusan yang salah. Buat kamu pejuang PTN, yuk hindari kesalahan ini agar kelak masa kuliah kamu lancar dan menyenangkan.