Hingga Akhir Oktober, Suhu Panas Masih Landa Jakarta

SekolahNews – Sejak beberapa hari terakhir suhu udara di wilayah Jakarta dan sekitarnya lebih terik. Kemarin, Rabu 23 Oktober 2019, suhu tercatat mencapai 36,5 °C.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hari ini suhu udara di Jakarta dan sekitarnya mencapai 35 derajat celcius.

Masih menurut BMKG, Suhu panas akan masih melanda kawasan ini setidaknya hingga akhir pekan.

Udara panas tidak hanya melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya saja, tapi hampir merata di beberapa wilayah di Indonesia.B

Berdasarkan siaran pers BMKG, persebaran suhu panas yang dominan berada di selatan Khatulistiwa, seperti wilayah Sulawesi Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dsb) termasuk Jakarta.

Penyebab Suhu Panas

Penyebab suhu panas ini akibat adanya gerak semu matahari.

Kondisi ini menyebabkan radiasi matahari yang diterima oleh permukaan bumi di wilayah tersebut relatif menjadi lebih banyak, sehingga akan meningkatkan suhu udara pada siang hari.

Selain itu pantauan dalam dua hari terakhir, atmosfer di wilayah Indonesia bagian selatan relatif lebih kering sehingga sangat menghambat pertumbuhan awan yang bisa berfungsi menghalangi panas terik matahari ke bumi.

Dalam waktu sekitar satu minggu kedepan masih ada potensi suhu terik di sekitar wilayah Indonesia mengingat posisi semu matahari masih akan berlanjut ke selatan.

Waspadai Angin Kencang

Selain suhu panas, BMKG juga memperingatkan akan adanya angin kencang yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Hasil pengamatan BMKG, perbedaan tekanan udara yang tinggi antara suhu udara di utara dan selatan khatulistiwa menyebabkan potensi angin bertiup lebih kencang di Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan.

Guna meminimalkan resiko dehidrasi masyarakat dihimbau untuk banyak mengkonsumsi air putih, menggunakan pakaian pelindung agar terhindar dari paparan langsung sinar matahari saat beraktivitas diluar ruangan, serta hindari aktivitas yang bisa memicu kebakaran.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui:

  • call center 021-6546315/18;
  • http://www.bmkg.go.id;
  • follow @infobmkg;
  • atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.