Indahnya Bulan Purnama

Bulan purnama adalah kejadian saat dimana bulan terlihat bundar karena memantulkan cahaya matahari dengan terang dan indah.

Bulan purnama atau purnacandra adalah salah satu fase bulan di mana bulan terletak di belakang bumi ditinjau dari matahari. Karena satu fase bulan lamanya 29,5 hari, maka bulan purnama biasanya terjadi di antara hari ke-14 dan 15 dalam kalender lunar.

Pada waktu bulan purnama banyak bagian Bulan yang dapat diamati dari Bumi, dan kebanyakan adalah bentuk permukaannya yang berupa kawah. Karena pada saat purnama, beberapa kawah pada permukaan bulan terlihat seperti terdapat pancaran garis–garis yang berasal dari pusat kawah. Garis–garis tersebut berasal dari hamburan partikel–partikel yang terlempar ke atas saat meteorit jatuh ke permukaan bulan dan membentuk kawah.

Pada fase ini, Bulan berada pada sisi berlawanan dengan Bumi, sehingga cahaya Matahari sepenuhnya terkirim ke Bulan. Fase ini terjadi di hari ke empat belas, ketika Bulan berada pada posisi 180 derajat. Fase ini bulan terlihat seperti lingkaran penuh atau sering dikenal dengan istilah bulan purnama.

Cahaya bulan purnama yang tidak seterang dan sepanas cahaya matahari sangat bermanfaat bagi banyak makhluk dalam gelapnya malam termasuk manusia.