Indonesia Pertahankan Gelar Negara Paling Dermawan untuk ke-5 Kali

Sekolahnews.com – Indonesia patut berbangga, berkat karakter peduli terhadap sesama dan hidup bermasyarakat yang memang kental dimiliki, RI berhasil mempertahankan gelar Negara Paling Dermawan dunia di tahun 2022.

Bukan kali pertama, pencapaian ini sebenarnya sudah diperoleh Indonesia untuk yang ke-5 kalinya. Gelar ini pertama kali diraih pada tahun 2018, dan terus dipertahankan dari tahun ke tahun hingga tahun 2022 ini.

Cukup prestisius, gelar ini sendiri merupakan hasil penilaian yang dilakukan secara global berdasarkan perhitungan World Giving Index. Secara umum, penilaian akan gelar ini didasarkan pada tiga indikator, yakni tingkat partisipasi masyarakat dalam hal donasi, meluangkan waktu untuk acara sukarela, dan terakhir memberikan bantuan kepada orang asing yang membutuhkan.

Dari tiga indikator tersebut, Indonesia berhasil mengungguli sebanyak 119 negara lain yang disertakan dalam penilaian.

Kabar baik lainnya, angka kedermawanan secara global dalam bentuk donasi dan sumbangan uang di tahun 2022 juga tercatat meningkat dari tahun 2021. Peningkatan terjadi sebesar lima persen, sehingga membuat World Giving Index menemukan data jika sekitar 40 persen orang-orang dari populasi global telah turut serta dalam aksi donasi dan amal.

Paling banyak donasi untuk amal

Lebih detail, Indonesia berada di peringkat pertama urutan negara paling dermawan dengan penilaian mencapai 68 persen, mengalahkan beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan masih banyak lagi.

Indonesia memiliki skor Indeks Pemberian Dunia tertinggi selama lima tahun berturut-turut, mempertahankan peringkat teratasnya setelah di tahun 2021 lalu memperoleh penilaian mencapai 69 persen.

Lebih detail dari ketiga indikator penilaian, Indonesia paling unggul dalam hal pemberian donasi untuk kesempatan amal, di mana persentasenya mencapai 84 persen. Angka tersebut jauh lebih tinggi dari rata-rata donasi amal keseluruhan 119 negara yang hanya ada di angka 35 persen.

Di lain sisi, Indonesia juga unggul dalam hal meluangkan waktu untuk acara sukarela dengan persentase mencapai 63 persen, di mana angka rata-rata untuk indikator satu ini hanya berada di kisaran 23 persen.

Terakhir dalam hal memberikan pertolongan kepada orang asing, Indonesia memiliki persentase mencapai 58 persen, berbeda tipis dari rata-rata keseluruhan di angka 62 persen.(goodnewsfromindonesia.id).