Ingat, 19 Mei-25 Juni 2020 Pendaftaran Politeknik Negeri

SekolahNews — SBMPN (seleksi bersama masuk politeknik negeri ) merupakan jalur seleksi bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bidang vokasi, khususnya politeknik dan politani negeri.

Pendaftaran SBNPN dibuka mulai tanggal 19 Mei-25 Juni 2020. Hal ini dikatakan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Wikan Sarinto melalui telekonferensi video di Jakarta, dilansir dari riau.antaranews.com.

Ketua SBMPN 2020 Zainal Arief mengatakan siswa sekolah menengah atas atau sekolah sederajat yang lulus tahun 2018, 2019, dan 2020 bisa mengikuti seleksi bersama masuk politeknik negeri tahun ini.

Baca juga: Ini 5 Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru Undip 2020/2021

Baca juga: Ini Jadwal Penerimaan Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB 2020/2021, Kepoin Kuys!

Ia mengatakan bahwa semula seleksi calon mahasiswa politeknik negeri akan dilakukan dengan ujian tertulis, namun karena ada pandemi COVID-19 seleksi dilakukan berdasarkan portofolio peserta.

“Kami berusaha semaksimal mungkin agar seleksi tetap berjalan dengan produktivitas dan kualitas sebaik-baiknya,” kata Zainal.

Informasi lengkap mengenai pendaftaran SBMPN tersedia di laman resmi seleksi bersama masuk politeknik negeri. Calon peserta bisa melakukan pendaftaran secara daring atau menghubungi politeknik negeri terdekat yang ikut menyelenggarakan SBMPN.

Wikan menjelaskan bahwa kegiatan belajar di politeknik mencakup 40 persen teori dan sekitar 60 persen praktik lapangan. 

“Sebagian besar program studi di politeknik negeri sudah berkolaborasi dengan industri. Memang itu yang diinginkan Mas Menteri (Nadiem Makarim) agar politeknik ‘menikah’ dengan industri,” katanya.