Ingin Kulit Tetap Sehat Selama Puasa? Simak 5 Tips Berikut Ini

Sekolahnews — Menjaga kesehatan kulit saat puasa, sama pentingnya dengan menjaga kesehatan organ tubuh lainnya. Simak tips menjaga kulit tetap sehat di bulan puasa berikut ini

Perawatan atau menjaga kesehatan kulit susah-susah gampang, jangan sampai kulit menjadi kering dan kusam hanya karena melakukan tahap-tahap perawatan kulit yang tidak tepat.

Jika Anda bingung harus mulai dari mana, berikut ini tips yang akan membantu mendetoksifikasi kulit Anda selama berpuasa sehingga kulit tetap tampak sehat dan berseri.

Baca juga: Rahasia Kulit Awet Muda ala Perempuan Korea, Ternyata Nggak Mahal

Hidrasi

Kunci kesehatan kulit yang pertama adalah hidrasi. Anda perlu mencukupi kebutuhan air dengan meminum setidaknya delapan gelas saat sahur dan berbuka puasa.

Tetapi lebih baik untuk meminum air putih saja. Hindari minum-minuman berkarbonasi seperti soda, dan juga minuman berkafein.

Kurangi intensitas mencuci wajah

Saat puasa, kemungkinan besar kulit akan mengalami dehidrasi sehingga mencuci wajah terlalu sering akan membuat kondisi kulit lebih buruk. Untuk itu, akan lebih baik jika Anda mengurangi intensitas mencuci wajah.

Jika kemudian Anda merasa kulit perlu didinginkan, Anda bisa menggunakan facemist yang telah Anda simpan di kulkas terlebih dahulu. Metode ini akan lebih baik dibanding berulang kali mencuci wajah dan menyebabkan kulit jadi lebih kering.

Selalu gunakan pelembap

Ingat bahwa kulit akan lebih rentan kering saat berpuasa, maka penggunaan pelembap amat dibutuhkan. Pun, penggunannya perlu disesuaikan dengan tipe kulit masing-masing.

Jika Anda memiliki kulit yang kering, bisa gunakan pelembap yang berbentuk krim atau oil. Namun jika kulit Anda berminyak Anda bisa memilih pelembap yang berbasis gel.

Gunakan tabir surya

Selain menjaga kulit dari dalam, Anda juga perlu memberikan kulit anda proteksi dari gangguan eksternal seperti sinar ultraviolet. Selalu gunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda di siang hari.

Minimal Anda perlu menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF 30. Jangan lupa pula untuk mengaplikasikan kembali tabir surya jika Anda berada di luar ruang selama lebih dari tiga jam.

Berikan perawatan ekstra

Selain beberapa perawatan dasar, Anda juga bisa menambahkan perawatan tambahan. Misalnya, seminggu sekali Anda bisa melakukan eksfoliasi secara teratur.

Eksfoliasi wajah bisa membantu membersihkan pori-pori tersumbat sehingga kulit akan lebih bercahaya. Lebih lanjut, eksfoliasi juga merangsang sirkulasi darah di wajah. Membuat wajah jadi terbebas dari tampilan yang kusam.