Ini 13 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia 2019

SekolahNews — Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) hari ini merilis peringkat perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia. Pemeringkatan itu dibuat berdasarkan Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia 2019.

Dikutip dari Inews.id, tahun ini Institut Teknologi Bandung (ITB) berada di peringkat teratas dalam daftar 13 perguruan tinggi negeri terbaik klaster 1. Selanjutnya, di peringkat kedua dan ketiga disusul oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Baca juga: Daftar Passing Grade Institut Teknologi Bandung (ITB) 2019

Klasterisasi tersebut ditetapkan oleh Kemenristekdikti dengan maksud untuk mendorong agar perguruan tinggi di Indonesia semakin maju dan mendunia. “Pemeringkatan dan klasterisasi ini sangat penting sebagai bentuk evaluasi terhadap kinerja perguruan tinggi di Indonesia,” ungkap Menristekdikti Mohammad Nasir di Jakarta, Jumat (16/8/2019).

“Dengan adanya klasterisasi dan pemeringkatan ini diharapkan perguruan tinggi di Indonesia semakin baik, maju, dan mendunia,” ucapnya.

Dia menjelaskan, terdapat empat kriteria utama yang digunakan dalam klasterisasi ini yaitu input, proses, output, dan outcome pendidikan. “Persentase outcome paling besar karena dari outcome inilah peran perguruan tinggi dapat terlihat di masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, ada sejumlah indikator baru yang digunakan dalam penilaian tahun ini. Indikator-indikator baru itu adalah jumlah dosen asing, pembelajaran daring, kelengkapan laporan pangkalan data pendidikan tinggi (PD Dikti), laporan keuangan, persentase lulusan yang memperoleh pekerjaan selama enam bulan, jumlah sitasi per dosen, dan jumlah patent per dosen.

Baca juga: Daftar Passing Grade Universitas Indonesia di SMBPTN 2019

“Selamat kepada perguruan tinggi yang telah memperoleh prestasi yang baik ini, mudah-mudahan dengan mendapat prestasi membanggakan ini, perguruan tinggi semakin lebih baik dan semakin mendunia,” kata dia.

Berikut daftar 13 PTN klaster 1 versi Kemenristekdikti 2019:

1. Insitut Teknologi Bandung (ITB)

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

3. Institut Pertanian Bogor (IPB)

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

5. Universitas Indonesia (UI)

6. Universitas Diponegoro (Undip)

7. Universitas Airlangga (Unair)

8. Universitas Hasanuddin (Unhas)

9. Univeristas Brawijaya (UB)

10. Universitas Padjadjaran (Unpad)

11. Universitas Andalas (Unand)

12. Universitas Sebelas Maret (UNS)

13. Universitas Sumatera Utara (USU)