Ini Juara Kompetisi IDCamp HackData 2019

SekolahNews — Jakarta, Kompetisi IDCamp HackData 2019 telah berakhir. Ajang kompetisi yang diadakan Indosat Ooredoo ini menghasilkan tiga pemenang terbaik. Mereka adalah Gama Squad, Srikandi dan Lantai 5. Ketiga pemenang tersebut berhasil membawa uang mulai dari Rp 8 juta hingga Rp 20 juta.

Para pemenang telah melalui proses seleksi dan penjurian dengan berbagai kriteria seperti orisinalitas, dampak, kesiapan implementasi, serta penggunaan data set dan API dari Indosat Ooredoo.

Baca juga: Tim Indonesia Juara “Shell LiveWIRE Top Ten Innovators Awards 2019”

“Pada hari ini, dengan bangga kami hadirkan 3 pemenang dari 10 finalis terbaik IDCamp HackData 2019. Dari jumlah peserta yang ikut serta juga jauh lebih baik dari perkiraan mengingat hal ini adalah yang pertama di Indonesia,” ujar Arif Musta’in, Director & Chief Innovation and Regulatory Officer Indosat Ooredoo, di Kantor Indosat Ooredoo, Jakarta Kamis (28/11/2019).

Arif mengatakan bahwa tahun ini Indosat Ooredoo menerima 287 proposal yang diseleksi menjadi 30 proposal lalu dikurucutkan menjadi 10 proposal terbaik dari 10 tim.

Kesepuluh tim tersebut dibawa ke Jakarta untuk bertemu dengan dewan juri dan mempresentasikan proposal mereka.

Jawara IDCamp HackData 2019

Hasilnya Indosat IDCamp HackData 2019 berhasil mendapatkan tiga pemenang. Juara ketiga adalah kelompok bernama Lantai 5 dengan produk Sekolah Yuk. Adapun Sekolah Yuk adalah aplikasi yang mempermudah siswa terkait rute Bus Sekolah di Provinsi DKI Jakarta. Lantai 5 pun berhak mendapat uang Rp 8 juta.

Baca juga: Kembangkan Industri Game Indonesia, HAGO Gelar Kompetisi Game

Juara kedua didapat dari kelompok bernama Srikandi. Adapun Srikandi adalah aplikasi asisten pribadi yang dapat mengawasi ibu hamil selama 1000 hari kehamilan agar sang bayi kelak tidak mengalami stunting. Srikandi berhak mendapatkan uang sebesar Rp 12 juta.

Juara pertama pun didapatkan oleh kelompok Gama Squad dengan produk bernama IoTaman. Adapun IoTaman adalah teknologi memanfaatkan Internet of Things (IOT) dan Artificial Intelligence (AI) untuk membantu petani, dalam meningkatkan produktivitas mereka. Gama Squad berhasil mendapat juara pertama dan berhak mendapat hadiah sebesar Rp 20 juta, seperti dikutip dari laman Telset, (28/11/2019)