7 Game Buatan Indonesia yang Mendunia

Sekolahnews.com — Minat anak muda di era yang serba digital ini tidak hanya bertumpu pada cita-cita menjadi gamer profesional saja. Kenyataannya, banyak juga yang akhirnya meniti karier sebagai developer game.

Siapa yang menyangka bahwa developer game asal Indonesia ternyata mampu menciptakan game yang populer. Tidak hanya di dalam negeri, tapi juga hingga ke luar negeri.

Dilansir dari indovaganza, berikut beberapa game karya anak bangsa yang ternyata telah mendunia.

Dreadout

Kawan penyuka sesuatu yang berbau horor? Dreadout bisa menjadi pilihan game horror yang tepat. Game buatan Digital Hapiness ini menghadirkan karakter bernama Linda yang terjebak dalam sebuah kota angker.

Baca juga: Mantap! 6 Aplikasi untuk Anak ini Ternyata Buatan Indonesia

Sesuatu yang membuat Dreadout terlihat unik adalah detail-detail pada game yang sangat Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari seragam SMA yang dipakai Linda, serta hantu-hantu seperti pocong dan kuntilanak yang muncul dalam game.

Dreadout mulai terkenal ketika dimainkan oleh salah seorang gamer populer di youtube, Pew Die Pie. Dreadout pun makin dikenal di kalangan gamer luar negeri. Game ini digemari karena memang membuat pemain berdebar-debar. Selain itu, hal lain yang patut diapresiasi adalah visual game yang bagus dan cerita yang menarik.

Tahu Bulat

Mendengar namanya saja Kawan pasti sudah yakin Tahu Bulat adalah game buatan Indonesia. Game ini mengangkat tema yang dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, yaitu tahu bulat.

Own Game telah mengambil langkah cerdas dalam menerapkan ide ini, dengan mengangkat nama tahu bulat yang memang sudah familiar di telinga orang Indonesia. Menariknya, dengan desain karakter dan permainan yang sederhana, Own Game mampu menawarkan game yang unik dan sangat Indonesia.

Saat ini, pengguna game Tahu Bulat sudah mencapai angka lima juta, bahkan telah menembus 30 besar Top Grossing di Google Play. Game ini juga pernah menyabet gelar Game of The Year dalam Game Prime Awards 2016 dan Guilty Pleasure dalam International Mobile Game Awards SEA 2016.

Infectonator: Survivors

Game buatan Indonesia yang satu ini mengambil tema zombie. Kawan akan ditempatkan dalam kondisi harus bertahan hidup di tengah infeksi zombie yang mewabah di seluruh dunia. Game ini memiliki konsep tentang strategi bertempur.

Pemain harus menghabisi zombie-zombie yang mereka temui. Game ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Jika Kawan ingin memenangkan game ini, penerapan strategi menjadi hal yang sangat penting.

Pada tahun 2012, Infectonator pernah menyabet penghargaan Best Game of the Year dan Best Browser Strategy and Simulator. Dengan peminat yang juga berasal dari luar negeri, game ini pun menyediakan beberapa bahasa, seperti Inggris, Mandarin, dan Arab untuk para pengguna asing. Rasanya tidak salah jika game ini disebut sebagai game buatan Indonesia yang mendunia.

Battle Box

Battle Box memiliki kemiripan dengan Plant vs Zombie, yakni konsep bertahan dari serbuan musuh. Namun, yang membuat Battle Box berbeda adalah penggunaan karakter dan nuansa khas Indonesia.

Dalam game ini, pemain harus membantu Maya, seorang anak yang kehilangan barang di pasar gelap, untuk mendapatkan kembali barang yang hilang tersebut. Dalam misi menemukan barang Maya yang hilang, pemain dapat menggunakan karakter-karakter unik dengan kekuatan tertentu seperti Gatot Kaca dan pasukan bambu runcing.

Baca juga: Sestyc, Aplikasi Berbagi Foto buatan Arek Suroboyo

Meskipun bernuansa lokal, Battle Box tidak hanya digandrungi oleh penggemar game dalam negeri, tetapi juga luar negeri. Dibandrol seharga $2.99, Battle Box sukses mencuri perhatian penggemar game.

Sage Fusion

Berawal dari komik, Sage Fusion berkembang menjadi game. Sage Fusion memiliki grafik dan kualitas yang patut diapresiasi. Game yang dikembangkan Kidalang Studio ini menerapkan genre RPG, adventure dan visual novel.

Mengambil tema fiksi sains, Sage Fusion menawarkan cerita yang menarik. Karakter dalam game ini akan menjelajahi kota Kapistad yang futuristik dan dapat menggunakan pilihan senjata perang untuk menghadapi pertempuran, serta berusaha memecahkan teka-teki di Kapistad.

Pada tahun 2013, Kidalang merilis Sage Fusion 2 dengan cerita yang lebih panjang dan rumit. Game ini kemudian berhasil menyabet juara di ajang Tizen App Challenge dalam kategori role-play and strategy di Barcelona, Spanyol dan menjadi satu-satunya game asal Indonesia yang mampu menyabet juara pertama. Pencapaian itu tentu saja membuat masyarakat Indonesia bangga.

Cute Munchies

Cute Munchies merupakan salah satu game buatan Indonesia yang tidak mengambil konsep menunjukkan ciri khas Indonesia. Game ini dikembangkan oleh developer game asal Jogja yang akan memanjakan mata Kawan dengan karakter-karakter yang imut dan menggemaskan. Itulah sebabnya game ini dinamakan Cute Munchies. Dari namanya saja sudah terdengar menggemaskan, bukan?

Cute Munchies mengambil tema puzzle challenging. Karakter hewan yang lucu dalam game ini sedang kelaparan dan berusaha mencari makan. Tugas pemain adalah mengarahkan hewan lucu yang kelaparan ini menuju makanannya.

Kawan hanya perlu menavigasikan karakter lucu yang Kawan mainkan dalam arena bermain dengan sapuan jari. Namun ketika membantu hewan lucu yang kelaparan, Kawan tidak boleh terkena rintangan yang ada. Nah, dalam game Cute Munchies ada banyak level yang bisa dimainkan. Semakin tinggi level, akan semakin sulit pula permainan ini.

Not A Simulator For Working/NSFW

Satu lagi game favorit buatan Indonesia, Not A Simulator For Working atau NSFW. Game ini dirilis oleh Gamechanger Studio pada akhir Oktober 2016. Game yang dirancang dengan konsep arcade game simulator ini menggambarkan suasana bersenang-senang pada saat jam kerja kantor.

Baca juga: Hi App, Aplikasi Messenger Buatan Anak Indonesia

Pemain dituntut untuk berhati-hati agar tidak ketahuan rekan kerja atau bos jika tidak ingin dipecat. Dengan konsep yang sederhana tetapi menarik membuat game diminati oleh para gamer Indonesia maupun internasional karena cocok dimainkan di sela-sela waktu istirahat, dan bisa dimainkan dengan santai.

Gamechanger Studio merilis versi Alpha dari NSFW pada Agustus 2016 dan telah difinalisasi dan dirilis di Steam pada 28 Oktober 2016. Pada perilisan versi Alpha, NSFW telah dimainkan oleh puluhan youtuber game terkenal di dunia dan sudah mendapatkan total tiga juta views dalam waktu singkat.

Nah, itulah tujuh game buatan Indonesia yang mendunia. Tidak ada salahnya mencoba memainkan game-game tersebut sebagai hiburan dan juga bentuk apresiasi terhadap karya anak bangsa. Semoga ke depannya semakin banyak karya-karya terbaik anak Indonesia lainnya yang tidak kalah gemilang.*