Instagram Uji Coba Sembunyikan Jumlah “Like” di Indonesia

SekolahNews — Instagram mulai melakukan uji coba menyembunyikan “Like” di Indonesia. Hal ini sudah dilakukan beberapa bulan lalu di Australia, Brazil, Kanada, Irlandia, Italia, dan Selandia Baru.

“Langkah ini penting bagi perjalanan kami, karena kami berkomitmen untuk membangun ekosistem yang positif dan kami terus mencari cara agar pengguna Instagram bisa merasa lebih nyaman dalam berekspresi dan fokus pada foto dan video yang mereka bagikan, dan bukan berapa jumlah ‘Like’ yang mereka dapatkan,” tutur Adam Mosseri, Head of Instagram.

Baca juga: Fitur Unlock dengan Sidik Jari Kini Hadir di WhatsApp Android

Kesehatan mental menjadi alasan utama kebijakan penyembunyian likes. Instagram beralasan penyembunyian angka hitungan akan mengurangi kompetisi jumlah likes di Instagram.

Pengguna pun akan lebih fokus pada konten yang diunggah, tidak sekadar adu banyak likes. “Tujuannya adalah untuk mengurangi tingkat kecemasan dan mengurangi komparasi sosial,” jelas Adam.

Angka likes sendiri sebenarnya tidak benar-benar hilang, tapi disembunyikan secara privat. Pemilik akun masih bisa melihat likes yang didapat oleh sebuah posting.

Baca juga: Fitur Unlock dengan Sidik Jari Kini Hadir di WhatsApp Android

Mereka tetap bisa melihat jumlah Like dan View dari postingan mereka sendiri dengan mengetuk daftar ‘Like’ yang ada di bawah postingan mereka. Akun-akun yang masuk ke dalam uji coba dipilih secara acak.