Ir. Ciputra, Pendiri Ciputra Group Meninggal Dunia

SekolahNews — Salah satu konglomerat Indonesia yang juga dikenal sebagai raja properti, bapak Ir. Ciputra meninggal dunia pada hari Rabu 27/11/2019 sekitar pukul 01.05 waktu Singapura.

Tjie Tjin Hoan atau Ciputra merupakan anak dari Tjie Siem Poe dan Lie Eng Nio yang lahir di Parigi, Sulawesi Tengah tanggal 24 Agustus 1931. Pria yang menghembuskan napas terakhir di umur 88 tersebut dikenal sebagai pelopor real estate yang sukses membangun berbagai mal, hotel, perumahan, hingga tempat rekreasi. Menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Sejak kecil beliau telah bekerja keras dengan membantu orang tuanya berdagang sembako. Mulai membangun bisnis bersama dua teman kuliahnya yaitu Budi Brasali dan Ismail Sofyan sejak kuliah di ITB tahun1 1957 dengan mendirikan biro arsitektur PT. Daya Cipta.

Menurut majalah Forbes, Ciputra tercatat memiliki harta mencapai US$ 1,3 miliar atau setara dengan Rp 18,2 triliun (kurs Rp 14.000). Ciputra berada di urutan 1941 orang terkaya di dunia dan urutan 27 di Indonesia pada tahun 2018. PT Ciputra Development yang ia bangun kini beromset hingga Rp 30 triliunan.

Ciputra tercatat pernah menjadi salah satu pengusaha yang pernah menerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI pada 1995. Beliau dikenal dengan sosok yang sederhana, ramah, kreatif, inovatif, dan pantang menyerah.