Isi Ramadan dengan Kegiatan Positif Ini

Sekolahnews.com – Bulan puasa bukan waktunya untuk bersantai ataupun bermalas-malasan. 

Bukan hanya tidur yang menjadi ibadah di bulan Ramadan, ternyata banyak juga kegiatan yang bisa membawa anda mendapatkan pahala di bulan suci ini. 

Maka dari itu, berikut ini sejumlah kegiatan positif yang bisa dijalani saat bulan Ramadan yang dirangkum RRi dari berbagai sumber, diantaranya:

1. Belajar dan membaca Alquran

Kitab umat muslim yaitu Alquran, pada bulan Ramadan anda bisa lebih giat membaca Alquran, anda juga bisa membuat jadwal untuk membaca Alquran. 

Siapa tahu aja selama satu bulan nanti anda bisa mengkhatamkan satu juz Alquran. Bukan hanya membaca Alquran anda juga bisa belajar Alquran, agar lebih fasih lagi dalam membaca Alquran. 

2. Bagi-bagi takjil

Saat bulan Ramadan tidak ada salahnya anda untuk berbagi kepada orang-orang, misalnya berbagi takjil saat akan berbuka puasa atau saat akan sahur. 

Saat anda berbagi-bagi takjil, anda akan mendapatkan hal yang berharga dan bisa mensyukuri kehidupanmu yang sekarang, bahwa masih banyak orang yang tidak seberuntung, tetapi mereka tetap bersyukur. 

3. Mendengarkan tausyiah

Mendengarkan tausyiah saat Ramadan bisa juga anda lakukan. Saat mendengarkan tausyiah anda bisa juga mendapatkan ilmu yang pastinya bermanfaat bagimu, juga ilmu islam yang bisa anda terapkan pada kehidupan sehari-hari. 

4. Membaca buku-buku

Ketika bosan anda juga bisa melakukan hal bermanfaat lainnya, seperti membaca buku-buku yang mungkin saja bisa mengusir rasa bosan. Dengan membaca buku anda juga bisa mendapatkan ilmu. 

Selain itu juga, anda tidak harus membaca buku-buku pelajaran, bisa buku tentang ilmu agama, atau mungkin bisa juga membaca buku-buku fiksi (contohnya: buku karya asma nadia, tere liye, dan lain sebagainya) 

5. Melakukan hobi yang bermanfaat

Jika anda mempunyai hobi, anda bisa melakukannya pada bulan Ramadan, misalnya anda hobi memasak, anda bisa menekuni hal tersebut, cari resep-resepnya dan anda terapkan saat akan memasak sahur atau memasak untuk berbuka. Bisa juga hobi yang lain seperti menulis, atau yang lain sebagainya. 

(rri.co.id).