ITS Kembali Gelar CommTECH 2020

SekolahNews — Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menggelar agenda tahunan Community and Technological (CommTECH) Camp Insight 2020. Pada gelarannya yang ke-14 ini diikuti 34 peserta dari berbagai universitas mancanegara.

Kegiatan yang resmi dibuka oleh Wakil Rektor I ITS bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT pada Rabu, 29 januari 2020. Acara ini akan berlangsung selama 13 hari hingga 10 Februari mendatang.

Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT memberikan dukungan pada kegiatan ini karena banyak manfaat yang didapat, tidak hanya untuk ITS tetapi juga untuk peserta. Menurutnya, kegiatan ini sangat baik dalam bidang pertukaran budaya dan ide-ide baru.

Baca juga: Daftar Passing Grade ITS Surabaya SMBPTN 2019
Baca juga: Ini 13 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia 2019

“Saya harap kalian akan mendapat pengalaman yang unik, menyenangkan, dan tak terlupakan,” ujarnya di hadapan para peserta.

Direktur Kemitraan Global ITS Dr Maria Anityasari ST ME menjelaskan bahwa gelaran internasional ini terdiri atas unsur mahasiswa, dosen, dan staf dari berbagai universitas yang berasal dari 11 negara sebagai partisipan. Kesebelas negara tersebut antara lain Bangladesh, Taiwan, Australia, Thailand, Malaysia, Filipina, Belanda, Korea Selatan, Jepang, Vietnam, dan Denmark seperti Dikutip dari situs ITS, Kamis 30 Januari 2020.

Pada CommTECH tahun ini ada tiga subcourses yang dapat dipilih oleh peserta. Ketiga sub courses itu antara lain adalah Sociopreneurship in Action, The Biodiversity of Coastal Ecosystem, dan Build Your Own Boat: Designing, Building and Operating Unmanned Surface Vehicle.

Hasilkan Produk

“Kalau di tahun-tahun sebelumnya, peserta hanya belajar dan mempresentasikan, di tahun ini mereka diharuskan membuahkan produk atau sistem yang dapat diterapkan di masyarakat,” ungkap lulusan University of New South Wales, Australia ini

Lebih lanjut, Maria memaparkan bahwa di subcourse Sociopreneurship in Action, peserta akan saling bertukar pikiran, menghasilkan ide, dan membuat prototipe. Setelah itu, ide yang ada diuji untuk mengembangkan model bisnis yang tepat.

Untuk subcourse The Biodiversity of Coastal Ecosystem, peserta akan diajak berdiskusi dan menstimulasikan keanekaragaman hayati di Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Sedangkan, di subcourse Build Your Own Boat, peserta akan membuat prototipe kapal. (Humas ITS)