Jaga Kesehatan Mata dengan Makanan Ini

Mata adalah indera penglihatan yang sangat penting dalam hidup. Saat mata bermasalah tentu bisa mengganggu aktivitas harian.

Banyak orang yang kurang peduli pada kesehatan mata dan jarang memeriksakan mata. Beruntung ada beberapa makanan yang juga bisa membantu penglihatan lebih sehat dan jernih.

Telur
Telur merupakan sumber nutrisi utama yang padat dan alami, termasuk protein kualitas tinggi. Hampir setengah dari protein telur dan sebagian besar vitamin dan mineral terdapat pada kuning telur. Telur juga direkomendasikan untuk kebanyakan orang dewasa sebagai bagian dari pola makan jantung sehat. Kuning telur mengandung zeaxanthin dan pigmen karotenoid yang mendukung kesehatan mata. Dalam studi kohort, risiko perkembangan katarak menurun signifikan sebesar 26 persen untuk setiap peningkatan zeaxanthin 10 miligram per hari dan 6 persen untuk setiap peningkatan 5 miligram vitamin A per hari.

Kiwi
Vitamin C merupakan nutrisi yang berperan penting dalam kesehatan mata, terlebih dalam hal risiko katarak. Penelitian menunjukkan kadar vitamin C dalam darah yang lebih tinggi terkait penurunan kemungkinan terkena katarak, menyoroti peran pelindung nutrisi pada lensa mata.

Labu
Sebagai sumber nutrisi pendukung kesehatan mata seperti vitamin E dan A, labu merupakan makanan yang fantastis untuk dipertimbangkan jika ingin menurunkan risiko katarak. Penelitian sudah menunjukkan pola makan tinggi vitamin E dan A terkait berkurangnya risiko katarak.

Salmon
Salmon sebagai sumber nutrisi karena kaya protein dan mikronutrien berkualitas tinggi. Ikan air dingin yang berminyak seperti salmon juga menjadi sumber terbaik asam lemak omega-3. Memang benar asupan lemak dan kolesterol total yang lebih tinggi bisa meningkatkan risiko katarak. Namun, di sisi lain, makan lebih banyak asam lemak omega-3 dikaitkan dengan penurunan risiko pengembangan katarak.