Jembatan Pejalan Kaki Unik

Jembatan merupakan salah satu fasilitas penunjang bagi pejalan kaki yang biasanya ada di setiap kota.

Jembatan bagi pejalan kaki merupakan salah satu fasilitas penting yang seharusnya ada di setiap kota. Ini tak lain karena jembatan bagi pejalan kaki adalah fasilitas penunjang yang memudahkan pejalan kaki. Tentunya jembatan-jembatan penyeberangan tersebut berfungsi untuk memudahkan akses dari satu tempat ke tempat lainnya.

Berikut beberapa jembatan pejalan kaki terunik di dunia :

• Ponte Segunda Circular
Ponte Segunda Circular adalah jembatan khusus pejalan kaki ini tidak melintasi sungai, tetapi berada di atas jalan di Lisbon, Portugal. Didesain oleh MXT Studio, jembatan ini menjadi penghubung antara pejalan kaki dan pesepeda. Keunikan jembatan ini terletak pada jumlah jalurnya. Jembatan yang didominasi warna oranye ini menghubungkan dua sisi jalan. Jika jembatan penyeberangan biasa hanya memiliki satu jalur, maka Jembatan Ponte Segunda Circular ini dibangun dengan lima sisi.

• Melkwegbridge
Jembatan yang menghubungkan dua sisi kanal Noordhollandsch di Belanda ini terlihat sangat unik. Ini karena perusahaan NEXT Architects yang merancang struktur jembatan didesain melengkung dan bertingkat. Jembatan yang terletak di kota Purmerend ini didesain dan diperuntukkan bagi pejalan kaki dan pesepeda. Jalur melengkung yang berada di atas merupakan jalur bagi pejalan kaki, sedangkan jalur yang ada di bawahnya merupakan jalur khusus bagi pesepeda.

• Webb Bridge
Jembatan yang menyerupai sarang laba-laba di bagian atasnya ini dinamakan Weeb Bridge. Webb Bridge didesain oleh perusahaan arsitektur Denton Corker Marshall yang berkolaborasi dengan seniman Robert Owen. Jembatan yang dibangun di atas Sungai Yarra ini terletak di daerah Docklands, Melbourne, Australia yang menjadi akses bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda.

• Rolling Bridge, London
Jembatan ini melintasi sebuah sungai di London. Bentuk struktur serta desainnya yang mengagumkan membuat jembatan ini begitu unik. Jembatan yang bisa bergerak menggulung secara perlahan-lahan ke satu sisi sungai, lalu membuka memanjang menyeberangi sungai ketika diperlukan. Saat menggulung, jembatan ini menyerupai ornamen berbentuk roda raksasa di luar ruang.

• High Trestle Trail Bridge, Lowa
Jembatan yang satu ini memiliki desain yang membuat para pejalan akan takjub. Dengan panjang 800 meter dan rangkaian tiang yang menyerupai sebuah frame baja dengan posisi yang berurutan. Bila malam hari, jembatan ini disinari lampu-lampu sehingga membuatnya terkesan futuristik banget

• Moses Bridge Belanda
Masih ingat cerita Nabi Musa yang membelah lautan sehingga umatnya bisa melalui lautan dengan berjalan kaki?. Arsitek Belanda RO & AD yang juga ahli dalam bidang irigasi, menciptakan sebuah jembatan apung di samping benteng abad ke-18. Jembatan bertumpu pada pipa berisi udara di bawah permukaan dan terendam yang bahannya terbuat dari kayu tahan air. Ide unik mereka berhasil diwujudkan dan lahirlah jembatan ala Nabi Musa ini.

• Merchant Square Footbridge
Jembatan ini menghubungkan dua sisi kanan Grand Union di London. Dirancang oleh Knight Architects, jembatan ini mengambil ciri bentuk kipas ala Jepang.