Kalahkan Barcelona dan Madrid, Liverpool Jadi Klub Paling Bernilai di Eropa

SekolahNews — London, Menjadi juara Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antar Klub, membawa Liverpool menduduki puncak teratas mengalahkan Barcelona dan Real Madrid menjadi klub yang paling bernilai di Eropa.

Liverpool meraih treble internasional, sesuatu yang belum pernah dicapai tim-tim Inggris lainnya. Selain itu, penampilan Liverpool musim ini luar biasa karena mencatatkan beberapa rekor termasuk rangkaian laga tak terkalahkan selama 44 pertandingan.

Baca juga: 8 Pemain Top Sepakbola Dunia yang Tetap Mengutamakan Pendidikan

Lalu, mereka juga cuma kalah satu poin dari Manchester City dalam perebutan gelar juara musim lalu dan kini berjarak dua kemenangan lagi dari trofi Premier League.

Liverpool dicatat CIES Football Observatory mengalami lonjakan valuasi tim menjadi 1,4 miliar euro atau sekitar Rp 23,4 triliun. Para pemain top seperti Mohammed Salah, Sadio Mane, Roberto Firmino, Alisson Becker, Virgil van Dijk, dan Trent Alexander-Arnol mengalami kenaikan harga.

Di bawah Liverpool ada Manchester City yang punya valuasi 1,361 miliar euro atau sekitar Rp 22,7 triliun. Duo LaLiga, Barcelona dan Real Madrid, menguntit di posisi ketiga dan keempat dengan 1,17 miliar euro serta 1,100 miliar euro.

Baca juga: Klub Arsenal Resmi Pecat Unai Emery

Ada beberapa variabel seperti umur pemain, performa, nilai keekonomian dari klubnya, dan inflasi yang membuat nilai pemain bertambah. Ruang lingkup studi hanya di kisaran lima liga top Eropa.

Untuk pemain dengan valuasi termahal adalah penyerang Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe, dengan harga lebih dari 248 juta euro atau sekitar Rp 4,16 triliun. (Sumber: detik.com)