Kamera HP Berembun? Ini Cara Mengatasinya

Sekolahnews.com – Foto objek embun di pagi hari memang indah, tetapi tidak demikian bila kamera HP kita berembun. Tentu semua objek foto akan menjadi tidak bagus. Foto menjadi terlihat blur.

Kamera HP berembun bisa terjadi karena hujan, udara lembap baik panas maupun dingin, serta HP terkena air secara tidak sengaja. Hal ini akan diperparah bila casing HP atau bodi HP tidak tertutup rapat, sehingga terdapat celah bagi air untuk masuk ke dalamnya.

Apabila kamera HP berembun dibiarkan begitu saja, hal ini bisa menjalar ke komponen lain di dalam HP dan bisa mengakibatkan kerusakan. Sebisa mungkin embun di dalam kamera HP harus dihilangkan sebelum terlambat. Ini caranya!

Pakai hair dryer

Ini merupakan cara pertama yang dapat dilakukan. Embun yang terjadi adalah akibat ada sisa penguapan dari air yang masuk ke dalam HP. Hair dryer dapat dipakai untuk menghilangkan sisa penguapan air yang ada di dalam kamera HP.

Caranya: matikan HP, nyalakan hair dryer dan gunakan suhu paling rendah, arahkan hair dryer pada bagian kamera HP dan lakukan pengeringan secara perlahan.

Sinar matahari

Sinar matahari dapat juga digunakan sebagai alat bantu. Langkah ini tidak memerlukan ala tapa-apa. Namun, jangan jemur HP secara langsung di bawah sinar matahari begitu saja. Hal tersebut justru dapat menyebabkan suhu panas berlebih pada HP.

Caranya: siapkan tempat atau wadah yang bisa menahan sinar matahari dan masukkan HP ke wadah tersebut, posisikan wadah agar terkena pancaran sinar matahari, sembari menjemur HP, awasi apakah embun sudah bilang atau belum.

Pakai silica gel

Silica gel dapat juga dipakai. Biasanya silica gel berfungsi untuk menjaga barang-barang agar tetap kerring, misalnya sepatu, tas, dan lain-lain.

Begini menggunakan silica gel untuk menghilangkan embun di HP: matikan HP, masukkan HP ke sebuah wadah, taburi bagian yang terkena embun dengan silica gel, tutup wadah dan diamkan selama semalaman atau sampai embun di kamera HP hilang.

Pakai beras

Bila tidak mempunyai silica gel, cara mudah ini bisa juga ditempuh, yakni menggunakan beras. Beras juga dapat menyerap embun karena sifatnya tersebut. Begini caranya: matikan HP, ambil wadah da nisi wadah tersebut dengan beras, masukkan HP dan cek berangsur-angsur embun di HP akan hilang.(kalderanews.com).