Kemendikbud Lanjutkan Subsidi Kuota Internet Gratis Tahun 2021

Sekolahnews.com – Pemerintah akan melanjutkan program subsidi kuota internet gratis pada tahun 2021. Ini merupakan kemudahan untuk mendukung sistem belajar online. Namun, pembagian yang diberikan akan mengalami perubahan. Karena, menggunakan skema yang berbeda.

Plt Sekjen Kemendikbud Ainun Naim mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan terhadap para penerima menunjukkan bahwa bantuan itu berjalan dengan baik.

“Hasil survey dan evaluasi oleh pihak ketiga menunjukkan pemanfaatan kuota internet itu yang sangat tinggi,” katanya pada Taklimat Media Awal Tahun Kemendikbud, Selasa (5/1).

Baca juga: 3 Operator Seluler Ini Gratiskan Kuota Data Belajar Daring

Dia menegaskan, program kuota gratis ini layak dilanjutkan, demi membantu bagi mereka yang mengikuti pembelajaran jarak jauh ( PJJ) secara daring atau online di masa pandemi Covid-19.

Tahun lalu pemerintah mengalokasikan Rp7,2 triliun untuk bantuan kuota data kepada guru, siswa, dosen dan mahasiswa selama empat bulan. Yakni dari September hingga Desember.

Tahapan penyaluran bantuan kuota data internet tersebut dilaksanakan selama dua tahap setiap bulan. Sampai Oktober ada 35,7 juta penerima bantuan kuota data ini.

Bantuan kuota gratis ini terdiri dari dua jenis, yakni kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum dimaksud adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses semua laman dan aplikasi.

Kuota Belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran, dengan daftar yang tercantum pada http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Peserta didik PAUD akan mendapatkan paket kuota internet sebesar 20 gigabyte (GB) per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB.

Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 35 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB.

Baca juga: Aplikasi di Laman Kuota Belajar Ditambah

Untuk guru PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 42 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar.

Untuk mahasiswa dan dosen ialah 50 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar.

Adapun cara untuk mendapatkan subsidi kuota internet gratis pada tahun 2021 adalah dengan menghubungi lembaga pendidikan yang menaungi siswa, guru, atau mahasiswa masing-masing.