Kenali 10 Istilah Ini Sebelum Naik Pesawat

Sekolahnews – Melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi udara memang akan menjadi pengalaman yang luar biasa terutama ketika menempuh jam yang panjang. Namun, sebelum melakukan perjalanan dengan menggunakan pesaswat, alangkah baiknya jika mengetahui 10 istilah penting yang harus dipahami. Berikut penjelasannya.

  1. Take Off, Merupakan istilah untuk memberitahu kondisi dimana pesawat akan lepas landas atau terbang, sehingga para penumpang wajib untuk mengikuti aturan lepas landas yang telah ditetapkan oleh pihak maskapai.
  2. Landing, Kebalikan dari take off, dimana istilah ini diucapkan oleh cabin crew saat kondisi pesawat akan mendarat, sama halnya dengan take off, para penumpang juga wajib mengikuti arahan cabin crew untuk menghadapi kondisi pesawat mendarat.
  3. Cabin Crew. Merupakan staff yang ada untuk membantu para penumpang, biasa dikenal dengan pramugari dan pramugara yang bertugas pada penerbangan tersebut.
  4. Departure, Diambil dari bahasa Inggris yang berarti keberangkatan, maka Departure merupakan area yang digunakan oleh penumpang pesawat sebagai area keberangkatan.
  5. Check-in, Merupakan proses para penumpang melakukan administrasi yang dibutuhkan untuk melakukan penerbangan, pada saat check-in akan diberitahu nomor kursi pesawat hingga dapat melakukan penyimpanan barang Anda di bagasi pesawat.
  6. Boarding Pass, Dokumen atau kertas yang akan didapat setelah Anda menyelesaikan proses check-in untuk ditunjukkan kepada staff keberangkatan pesawat.
  7. Arrival, Merupakan kebalikan dari Departure yang diambil dari bahas Inggris yang memiliki arti kedatangan, dimana setiap penumpang yang baru sampai di kota tujuannya akan turun di area Arival.
  8. Delay, Kondisi dimana pesawat yang mengalami keterlambaran atau tidak sesuai dengan jam yang telah ditulis dalam tiket pesawat. Kondisi ini dapat terjadi karena beberapa hal, mulai dari adanya masalah dengan cuaca atau sedang mengecek kesehatan pesawat.
  9. Transit, Istilah ini digunakan bagi penerbangan yang dimana para penumpangnya harus berhenti sebentar di airport atau bandara lain sebelum melanjutkan ke bandara kota tujuan.
  10. Bagage, merupakan istilah yang digunakan untuk barang-barang bawaan penumpang seperti tas, koper atau barang lainnya yang nantinya akan dimasukan kedalam bagasi pesawat.