Kenapa Hari Batik Diperingati Setiap Tanggal 2 Oktober ?

SekolahNews – Jakarta, Batik adalah kesenian gambar di atas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluarga kerajaan di Indonesia zaman dahulu. Batik di Indonesia telah dikenal sejak zaman Kerajaan Majapahit.Kesenian batik mulai dikenal luas di pulau Jawa sekitar akhir abad ke-18 atau awal abad ke-19.

Teknik batik sendiri telah diketahui lebih dari 1.000 tahun, kemungkinan berasal dari Mesir kuno atau Sumeria. Teknik batik meluas di beberapa negara Afrika Barat, seperti Nigeria, Kamerun dan Mali, serta di Asia, seperti India, SriLangka, Bangladesh, Iran, Thailand, Malaysia & Indonesia.

Hingga awal abad ke-20, batik yang dihasilkan merupakan batik tulis. Batik cap baru dikenal setelah Perang Dunia I berakhir atau sekitar tahun 1920.

Bahan-bahan pewarna yang dipakai ketika membatik terdiri dari tumbuh-tumbuhan asli Indonesia yang dibuat sendiri antara lain dari: pohon mengkudu, tinggi, soga, nila. Bahan sodanya dibuat dari soda abu, sedangkan garamnya dibuat dari tanah lumpur.

Tanggal 2 Oktober 2009 UNESCO menetapkan batik sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity atau Warisan Kebudayaan Manusia kategori Non-Benda.

Batik dipakai dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, mulai dari pekerja kantor, pelajar, hingga dalam acara pernikahan maupun pertunjukan seni.

Itulah sebabnya kenapa tanggal 2 Oktober dijadikan sebagai Hari Batik Nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.