Kenapa Wajib ke Danau Louise Kanada?

Inilah salah satu ikon yang selalu melekat jika menyebut nama Kanada. Apalagi kalau bukan menuju daerah pegunungan yang dikenal dengan Canadian Rockies.

Keindahan alamnya selalu berhasil membuat setiap mata yang memandangnya jatuh cinta di pandangan pertama. Semua itu berkat lanskap alam yang indah dengan salju, glasier, danau, air terjun, serta kekayaan alamnya yang lain.

Mengapa harus ke sana?

Desa kecil di Danau Louise adalah pintu gerbang ke Pegunungan Rocky Kanada yang perkasa.

Di tepi Sungai Bow di tengah hutan belantara luas Taman Nasional Banff, terdapat dusun yang diberi nama dari salah satu danau es dekat sana. Kolam berkilau berwarna pirus ini dikelilingi oleh puncak yang tertutup salju dan hutan cemara yang menampilkan keindahan areanya seperti amfiteater alami.

Danau Louise adalah pusat pendakian di Kanada, dengan panjang jalur lebih dari 1.600 km dan pemandangan yang memukau. Terdapat jalur setapak datar yang melingkari Danau Moraine atau jalur sedikit menanjak yang mengarah ke Danau Agnes yang tenang dan kedai tehnya yang menawan. Mereka yang memilih Saddleback Pass yang menantang akan dihadiahi panorama Gunung Temple dan Lembah Paradise yang menakjubkan.

Penggemar foto pasti ingin mengambil gambar di setiap belokan, dengan Lembah Sepuluh Puncak yang megah, dengan puncak setinggi 3.000 meter, sebagai hadiah utama. Di musim dingin, semua orang pergi ke Lake Louise Ski Resort untuk bermain snowboard, ski, dan menghangatkan diri setelah ski. Soal akomodasi, ada banyak tempat bagus untuk menginap di Danau Louise, mulai dari hotel megah, penginapan kecil, hingga kabin kayu.

Kapan harus berkunjung?

Danau Louise memiliki musim panas yang sejuk dan musim dingin yang bersalju, dengan periode puncak pengunjung dari bulan Juni sampai September dan Desember sampai Februari. Jika anda memesan di awal atau akhir musim, Anda akan menemukan banyak promo – serta dapat menikmati pemandangan indah untuk anda sendiri.

Menginap di mana?

Fairmont Château Lake Louise

Untuk sentuhan agung, pilihlah Fairmont Château. Hotel mewah ini telah memanjakan para tamu sejak tahun 1890, dengan layanan spa, restoran kelas atas, dan kamar-kamar elegan yang menghadap ke Danau Louise.

Staf pramutamu yang perhatian menjadikan pengalaman menginap anda istimewa, ditambah pendakian berpemandu, tur helikopter, dan naik kereta luncur.

Moraine Lake Lodge

Dengan perapian kayu, perabotan buatan tangan yang nyaman, dan bath tub besar, Anda tidak akan ingin meninggalkan kamar di Moraine Lake Lodge. Mungkin saat salju mencair, aktivitas pendakian dan kano akan membuat anda meninggalkan hibernasi mewah.

Baker Creek Mountain Resort

Terselip di Lembah Bow, resor ini sangat ideal untuk liburan musim dingin yang romantis. Chalet kayu dengan pemanas gas di sana memiliki perapian dari batu tetapi tanpa TV, artinya lebih banyak waktu akan dihabiskan di ice rink atau sauna.

Mulai buat rencana

Jika anda terbang dari luar negeri, bandara internasional di Calgary dan Edmonton adalah dua pilihan terbaik anda. Ada penerbangan langsung dari beberapa kota besar Eropa, termasuk London, Paris, Amsterdam, dan Frankfurt. Anda juga akan menemukan penerbangan langsung dari sebagian besar bandara utama AS.

Perjalanan daratnya juga tak kalah menyenangkan. Bus antar-jemput bandara tersedia, juga beberapa rute kereta yang (sangat) terbatas. Jika anda lebih suka menyewa mobil, jaraknya dua jam berkendara dari Calgary dan lima jam berkendara dari Edmonton.

Tukarkan uang anda menjadi dolar Kanada dan siapkan adaptor jika negara asal anda menggunakan jenis colokan dan/atau voltase dengan standar yang berbeda. Kanada menggunakan colokan tipe A dan B – dua pin paralel datar, dengan dan tanpa grounding pin – dan memiliki tegangan standar 110.