Kominfo Luncurkan Aplikasi Peduli Lindungi

SekolahNews — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 meluncurkan aplikasi Peduli Lindungi yang dapat diunduh Lewat App Store dan Play Store.

Sampai saat ini ada lebih dari 1 juta pengguna telah menginstal aplikasi PeduliLindungi ini. Aplikasi ini diyakini dapat membantu dalam memutus mata rantai penularan virus SARS-CoV-2 atau Corona penyebab COVID-19 di masyarakat.

“Kami berharap dengan itu dilakukan maka monitoring dan pergerakan baik pasien atau yang sudah tertular atau yang masih di dalam pemantauan ataupun yang diistilahkan sebagai ODP dapat dilakukan monitoring secara online pergerakannya,” ujar Menkominfo Johnny G. Plate dalam keterangannya di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Rabu (8/4).

Baca juga: Kemendikbud Resmi Meluncurkan Aplikasi RECON

Seperti yang diketahui, PeduliLindungi memiliki fitur aplikasi tracking yang dapat mendeteksi pergerakan terpapar covid-19 selama 14 hari sebelumnya.

Ini akan langsung terhubung dengan operator seluler lain untuk menghasilkan visualisasi yang sama.

Selain itu dari implementasi di lapangan, smartphone yang sudah menginstal akan diberi notifikasi jika yang bersangkutan ada di sekitar pasien positif covid-19.

Nomor di sekitar pasien positif covid-19 yang terdeteksi akan diberi tanda warning untuk segera melakukan protokol kesehatan.