Kompetisi Sains Nasional SMA/MA Tahun 2020 Resmi Dibuka

Sekolahnews.com – Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud resmi membuka Kompetisi Sains Nasional secara virtual, Senin (12/10). Kompetisi Sains Nasional dibuka untuk jenjang Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah (SMA/MA) pada hari ini dan berakhir pada 17 Oktober 2020.

Terdapat sepuluh bidang lomba KSN SMA, yaitu: Astronomi, Biologi, Ekonomi, Fisika, Geografi, Informatika Komputer, Kebumian, Kimia, dan Matematika.

Baca juga: Beradu Pintar diajang Kompetisi Sains Antar Madrasah 2019

Jumlah peserta masing-masing bidang lomba adalah sebagai berikut:

(1) Astronomi 99 peserta;

(2) Biologi 100 peserta;

(3) Ekonomi 100 peserta;

(4) Fisika 100 peserta;

(5) Geografi 100 peserta;

(6) Informatika Komputer 99 peserta;

(7) Kebumian 100 peserta;

(8) Kimia 100 peserta; dan

(9) Matematika 100 peserta.

Total peserta 9 bidang lomba adalah sebanyak 898 peserta.

“Karena kondisi pandemi belum reda, maka seluruh proses kompetisi sains kita adakan secara daring. COVID-19 mendorong kita melaksanakan kompetisi secara virtual, karena butuh pengelolaan intens tentang jaringan, aplikasi, dan adaptasi soal. Ini tantangan yang besar, bahkan pada tingkat internasional sekalipun belum pernah dilakukan,” jelas Pelaksana Tugas Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi pada pidato pembukaannya.

Finalis International Olympiad on Astronomy and Astrophysics dari SMA Kharisma Bangsa Muhammad Adhi menyatakan, “Pengalaman mengikuti lomba online ini sangat berharga karena sulit sekali mendapatkannya. Mungkin di tahun-tahun depan kita tidak akan lagi lomba online. Maka saya sangat senang bisa jadi bagian dari KSN tahun ini.”

Finalis Internasional Mathematics Olympiad (IMO) dari SMAK IPEKA BSD Stanve Avrilium menyatakan, “Mendapatkan medali itu hanya bukti saja bahwa kita sudah latihan cukup keras dan kita sudah bertahan dalam dunia (kompetisi) ini begitu lama. Sehingga Indonesia paling tidak bisa meraih gelar top 30. Ini kan gelar yang sangat prestisius, bisa masuk 30 tertinggi dari 40 juta orang.”

Baca juga: Juarai Kompetisi Pangan Internasional Berkat Es Puter

Bulan Oktober 2020 juga menandai dimulainya berbagai ajang kompetisi sains, teknologi, riset, dan inovasi yang diselenggarakan Puspresnas Kemendikbud.

Sebanyak 330.689 peserta didik telah berpartisipasi kompetisi-kompetisi yang diselenggarakan Puspresnas di tingkat kabupaten/ kota, dan sejumlah 20.776 peserta berhasil lolos seleksi tingkat provinsi.

Pada tingkat nasional, terdapat 2.882 peserta yang akan bertanding, di luar seleksi jenjang perguruan tinggi yang masih berjalan.