Kota Paling Sepi di Dunia yang Dihuni 1 Orang

Sekolahnews.com – Kota-kota di berbagai negara umumnya memiliki penduduk yang jumlahnya bisa mencapai ribuan hingga jutaan. Seperti Jakarta yang berdasarkan Badan Pusat Statistik terdapat 10,61 juta penduduk pada 2021.

 Angka tersebut tentunya sangat berbanding terbalik dengan kota yang berada di Amerika Serikat. Tepatnya di Monowi, yaitu kota kecil yang ada di Nebraska, Amarika Serikat. Coba Anda tebak berapa populasi penduduk yang ada di kota satu ini?

Jika Ada yang menebak hingga ribuan atau jutaan, jawabannya adalah satu orang. Menakutkan Ya Anda tak salah baca, Kota Monowi hanya dihuni oleh seorang penduduk saja. Sangat menarik bukan?

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kota ini, berikut adalah fakta menarik yang telah dirangkum dari berbagai sumber tentang kota yang hanya dihuni oleh satu orang ini.

1. Dihuni lansia

Kota ini dihuni oleh Elsie Eiler, yaitu wanita yang kini berusia sekitar 87 tahun. Awalnya Elsie tinggal bersama dengan sang suami, namun suaminya meninggal pada 2004.

Dia kemudian memutuskan untuk tinggal seorang diri di kota tersebut.

2. Jalankan pemerintahan sendiri

Meskipun tinggal sendiri, Elsie menyandang pangkat sebagai mayor sekaligus penduduk di Kota Monowi.

Elsie menjalankan pemerintahan di kota ini bahkan menaikkan pajak untuk dirinya sendiri. Hal tersebut bertujuan agar fasilitas umum di kota ini tetap bisa digunakan, seperti listrik dan air.

3. Pernah ramai

Pada 1930-an, Monowi adalah perhentian ramai di Elkhorn Railroad dan menampung 150 orang, bahkan terdapat toko kelontong, restoran, dan juga penjara.  

4. Tinggi angka depresi serta ekonomi buruk

Memiliki penduduk awal sebanyak 150 orang namun akibat depresi hebat dan ekonomi yang buruk mengurangi populasi di kota tersebut menjadi dua populasi saja pada 2004.

Di kota tersebut, Elsie Eiler menjalankan kedai minuman lokal, menjabat sebagai wali kota, dan mengurus perpustakaan setempat.

5. Kota lain yang sepi penghuni

Ternyata tak hanya di Monowi yang memiliki jumlah populasi sangat sedikit. Ada beberapa kota lain di Amerika Serikat yang dihuni kurang dari 15 penduduk, seperti Centralia, Pennsylvania.

Kota ini pernah menjadi kota berpenduduk sekitar 3.000 orang yang mengandalkan tambang batu bara lokal untuk pekerjaan sehari-harinya. 

Pada 1962 tambang tersebut terbakar, dan penduduk terpaksa mengungsi. Beberapa orang menolak untuk pergi dan 10 orang masih menjadikan Centralia rumah mereka hingga hari ini. Kemudian, ada Weeki Wachee, Florida. Kota di Florida ini dihuni oleh 12 orang penduduk. Adapun daya tarik lokal dari kota ini adalah teater yang menampilkan pertunjukan putri duyung atau mermaids di mata air yang memompa hampir 117 juta galon air sehari.(inews.id).