Kreasikan 5 hidangan penutup unik ini di rumah

Siapa sih yang tidak suka menutup makan dengan yang manis-manis? Atau, lebih tepatnya orang-orang yang berusaha tidak makan pencuci mulut sepanjang hari!

Walaupun makanan penutup punya tempat spesial, kita sering menghabiskan banyak uang membelinya.

Bagaimana kalau kita mempelajari cara membuat beberapa pencuci mulut favorit yang unik?

1.Serradura
Haluskan biskuit Marie dan kacang mete panggang. Kocok krim kental, ekstrak vanili, dan gula halus hingga ujung adonan lembut. Tambahkan susu kental manis dan aduk perlahan. Ambil gelas dessert lalu buat lapisan dasar dengan campuran kacang dan biskuit. Kemudian, tambahkan lapisan campuran krim, dan ulangi secara bergantian sampai gelas penuh. Hiasi dengan kacang mete.

2.Mysore Pak
Ayak tepung besan sampai tidak ada gumpalan. Buat sirup gula dalam panci hingga mencapai kekentalan yang tepat. Secara bersamaan, panaskan minyak samin di panci. Ketika sirup gula sudah menggelembung, tambahkan tepung besan secara bertahap lalu aduk rata. Tuangkan minyak samin panas di beberapa bagian dan aduk rata. Setelah campuran tidak lengket di tepiannya, tuangkan ke loyang, buat tanda irisan dan biarkan mengeras.

3.Dodol
Giling kelapa parut dengan sedikit air hangat untuk mengekstrak santan kental. Di panci besar, tuangkan santan, parutan gula merah, tepung beras yang sudah direndam, dan bubuk kapulaga. Aduk sampai gula merah benar-benar larut. Kemudian tambahkan sejumput garam dan kacang mete cincang. Aduk sampai campuran tidak lengket di tepiannya. Sebarkan di atas cetakan yang diolesi mentega lalu dinginkan pada suhu ruangan.

4.Shahi Tukda
Buat sirup gula dan tambahkan sejumput safron. Biarkan agak dingin, lalu tambahkan dua jumput bubuk tawas. Goreng helai roti dalam minyak samin. Keluarkan lalu rendam dalam sirup. Tata roti manis di piring. Rebus susu full cream, tambahkan khoya parut dan tepung maizena yang sudah dicampur air, masak hingga matang. Tuang krim di atas roti. Hiasi dengan buah-buahan kering.

5.Soan Papdi
Ayak tepung dan besan menjadi satu. Panaskan minyak samin di wajan dan tambahkan campuran tepung lalu panggang sampai berwarna keemasan. Biarkan sampai agak dingin. Buat sirup dengan gula, air, dan susu sekaligus. Tuang sirup ke campuran tepung lalu kocok dengan baik sampai membentuk serpihan-serpihan panjang.
Sebarkan di loyang yang sudah diolesi mentega dan taburi bubuk kapulaga. Dinginkan lalu iris membentuk kotak-kotak.