Kreatif, Tembok Mural Sebagai Media Belajar

Sekolahnews.com — Pada dasarnya seni mural (mural art) itu dilakukan atas dasar spontasnitas, tapi ada juga yang dikonsep sesuai dengan kebutuhan lingkungan disekitarnya.

Para seniman mural pada umumnya memanfaatkan berbagai fasilitas disekitar jalanan, seperti  misalnya tembok-tembok sepanjang jalan, tangga, bahkan dinding rumah yang dianggap sebagai objek untuk menumpahkan kreativitas.

Seni mural kalau dikonsep dengan baik, dan diselaraskan dengan lingkungan dimana ekspresi itu dituangkan, akan menjadi sesuatu yang menarik pandangan mata, tidak semata-mata hanya menggambar dinding aka kadarnya.

Baca juga: Di India, Sekolah Gunakan Tembok Sebagai Media Belajar Selama Pandemi

Seniman mural juga harus memiliki kepekaan estetik yang bagus, agar apa yang dituangkan bernilai seni, dan membuat Indah lingkungan sekitarnya. 

Kalau biasanya kita banyak melihat tembok-tembok yang menjadi korban aksi vandalisme, tapi berbeda sekali dengan ini.

Diluar dugaan, seni jalanan yang ada diwilayah Jakarta Utara ini sama sekali berbeda. Tembok-tembok di sepanjang jalanan dihiasi mural dengan materi pendidikan yang sangat bermanfaat.

Gambar rambu lalu lintas (Fptp:suara.com)

Ini bukan saja kreatif, tapi memberikan wawasan pendidikan kepada anak-anak disekitarnya. Mural itu pun tidak dikerjakan dengan asal-asalan, tapi dengan sangat teliti dan sempurna.

Tembok gang kawasan jalan Pedemangan 2 RT 13 RW 003, Jakarta Utara mendadak viral. Keberadaan mural ‘pintar’ di gang 22 dan gang 33 tersebut menjadi daya tarik masyarakat.

Jajaran mural atau lukisan dinding tampak mewarnai dua gang tersebut. Apalagi mural yang dilukiskan bukan sekadar gambar biasa, namun penuh dengan pengetahuan umum.

Mural dimanfaatkan sebagai media belajar bagi anak-anak. Pada tembok tersebut digambar mulai dari deretan huruf hijaiyah, nama-nama hewan berikut dengan gambar hewannya hingga perkalian 1 sampai 10.

Huruf-huruf hijaiyah. (foto:suara.com)

Selain itu ada juga peta Indonesia yang digambar secara komplit. Mural ini banyak diapresiasi masyarakat, juga para nettizen, karena sebelumnya sempat diposting di Instagram oleh akun @makassar_iinfo.

Seperti dilansir Suara.com, Foto-foto penampakan tembok jalanan menjadi media belajar diunggah oleh akun jejaring sosial Instagram @makassar_iinfo. Dari keterangan foto, tembok jalanan unik tersebut berada di Jalan Pademangan II, Pademangan Timur, Jakarta Utara.

Kreativitas anak-muda di Pademangan Timur, Jakarta Utara ini patut diapresiasi, karena apa yang dilakukan bukan hanya sekadar mengotori tembok sepanjang jalan. Mereka betul-betul membuat mural yang sangat bermanfaat.

Apa yang mereka hasilkan tidak kalah bagus dengan mural/seni jalanan yang ada di kota-kota dunia yang sangat terkenal. Secara nilai dan fungsinya pun tidak jauh berbeda.

Baca juga: Belajar Berkomunikasi Efektif Lewat Kegiatan Komunikasi dan Digitalisasi Siswa

Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi mural edukasi tersebut. Dia ikut mengunggah sejumlah gambar mural di akun instagram miliknya, Senin (25/11/2019) yang dikutip dari Jakarta.bisnis.com.

Menurut Anies, berajalan kaki di gang tersebut bisa menjadi lebih pintar. Mural edukasi itu merupakan karya anak muda di Pademangan Timur, Jakarta Utara. Para anak muda memperindah tembok-tembok di dua gang ini dengan dukungan kelurahan.

“Muralnya bukan sekadar gambar indah/kata-kata mutiara. Tapu materi ilmu pengetahuan dan pelajaran sekolah. Dihadirkan sebagai sarana edukasi bagi warga, khususnya pelajat SDN Pademangan Timur 01 yang sering melewati gang tersebut,” katanya.