Land of Diversity Indonesia di World Expo 2020 Dubai

Sekolahnews.com – World Expo merupakan salah satu gelaran pameran terbesar yang sejak tahun 2000 rutin diadakan setiap lima tahun sekali, dan berpotensi mendatangkan puluhan juta pengunjung dari berbagai penjuru dunia ke negara tuan rumah pameran tersebut diadakan.

Melansir DestinAsian, World Expo merupakan pameran yang diisi dengan paviliun berbagai negara di mana hingga saat ini diketahui terdapat sebanyak 196 negara yang berpartisipasi dalam gelarannya, termasuk Indonesia.

Tahun ini, World Expo terlaksana di Dubai sebagai tuan rumah dan telah berlangsung sejak awal bulan Oktober lalu hingga akhir bulan Maret tahun 2022 mendatang.

Baca juga: Indonesia #1 Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia

Pengenalan identitas Indonesia bertajuk Land of Diversity

Pada Jumat, (4/11/2021) lalu menjadi hari di mana Indonesia berkesempatan untuk melaksanakan National Day sebagai ajang untuk memperkenalkan identitas negara kepada dunia secara lebih luas, tidak hanya mengandalkan keberadaan paviliun melainkan dengan menggelar sebuah showcase bertajuk Land of Diversity yang disaksikan oleh ribuan pasang mata pengunjung.

Disaksikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Putra Mahkota UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Jokowi yang berkesempatan membuka pertunjukkan showcase tersebut menyampaikan tiga elemen yang menjadi tema besar Land of Diversity.

Indonesia the Land of Majesty, tanah yang kaya akan alam dan budaya, Indonesia the Land of Opportunity yang akan terus membuka peluang dan kesempatan baru, Indonesia the Land of Innovation yang akan terus berinovasi untuk generasi yang akan datang. Inilah kami, Indonesia, the Land of Diversity,” ujar Presiden Jokowi.

Pertunjukan seni yang pamerkan sejumlah kekayaan budaya

Dari laman ekon.go.id, dijelaskan bahwa showcase yang menjadi puncak acara dalam penyelenggaraan National Day Indonesia dikemas dalam bentuk pementasan seni dan budaya tanah air yang dipadukan dengan permainan sekaligus penayangan video di layar besar Dome, yang diinisiasi dan dipersembahkan oleh pelaku kreatif yang sudah memiliki nama besar di tanah air, yaitu Wishnutama.

Berdasarkan publikasi showcase yang ditayangkan melalui laman Virtual Expo Dubai, pementasan yang dibuka dengan sambutan oleh Presiden RI tersebut mengawali pertunjukkan dengan pemutaran video pada langit Dome yang memperkenalkan berbagai budaya Indonesia dari seluruh penjuru Nusantara.

Baca juga: Indonesia Termasuk Negara Paling Ramah untuk Wisata

Bukan kali pertama menghasilkan karya luar biasa dan mengagumkan, Baik Ronald maupun Wishnutama nyatanya sudah banyak dikenal sebagai sosok penting dalam berbagai pertunjukkan kreatif di tanah air, salah satunya berkat kesuksesan dari kemeriahan seremoni pembukaan Asian Games 2018 yang pada masanya berhasil mencuri perhatian dunia.

“Kebetulan saya mendapat tugas dari beliau (mendag Lutfi) untuk pamerin Indonesia sedikit. Pak Menteri juga selalu supervisi berbagai macam isu-isu kreatif yang kami sampaikan dari A to Z beliau sangat detail dan diharapkan supaya penampilan kita nanti bagus,” ujar Wishnutama, mengutip Indozone.

“Itu konsepnya budaya Indonesia tapi tentunya kali ini kita kemas dengan banyak perpaduan teknologi, teknologi mapping, projection, dan lain sebagainya karena kita tahu kita enggak bisa ngirim orang terlalu banyak di sini, jadi total penari kita bawa ke sini 60 orang tapi dibantu dengan teknologi dan sound mungkin bisa lebih meriah lah,” jelasnya.(goodnewsfromindonesia.id).