Lima Manfaat Rosemari Untuk Kesehatan

Berasal dari Mediterania, rosemari sangat dikenal karena khasiat obatnya. Tidak hanya itu, tanamaan ini juga sering digunakan untuk memasak. Mengandung sejumlah mineral penting seperti mangan, kalium, kalsium, besi, tembaga, dan magnesium, rosemari baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut lima manfaat rosemari bagi kesehatan.

Mengurangi Stres dan Kecemasan

Menurut penelitian, rosemari ampuh mengurangi stres dan kecemasan sehingga membuat kita tenang dan rileks. Menurut percobaan yang dilakukan pada mahasiswa, rosemari memperbaiki kualitas tidur dan menurunkan tingkat kecemasan bila dibandingkan dengan plasebo. Menurut penelitian lain, 20 orang dewasa muda dan sehat yang menghirup aroma rosemari selama empat hingga 10 menit mengalami peningkatan konsentrasi, kinerja, dan suasana hati.

Mencegah Risiko Kanker

Menurut beberapa penelitian, rosemari memiliki sifat anti-kanker yang membantu mencegah risiko kanker. Menurut sebuah penelitian di Australia, ekstrak rosemari yang mengandung karnosol, asam karnosik, asam ursolat, dan asam rosmarinik efektif menekan perkembangan tumor di sejumlah organ termasuk usus besar, payudara, hati, perut, melanoma, dan sel leukemia. Asam karnosik dalam rosemari dapat pula memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Memperkuat Kekebalan Tubuh

Mengandung antioksidan dan senyawa anti-peradangan, rosemari dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melancarkan sirkulasi darah. Antioksidan dalam rosemari membantu menetralkan partikel-partikel berbahaya yang disebut radikal bebas. Menurut sejumlah penelitian, asam rosmarinik dan karnosik pada rosemari memiliki sifat anti-bakteri, antijamur dan antivirus ampuh yang membantu sistem kekebalan melawan infeksi. Disarankan untuk mengonsumsi teh rosemari setiap hari untuk mencegah infeksi berbahaya.

Baik Untuk Rambut

Rosemari berkhasiat mempercepat pertumbuhan rambut dan memperkuat folikel rambut kita. Dengan sifat antiseptik dan antibakteri, rosemari merawat kulit kepala yang gatal dan bersisik, mengurangi kerusakan rambut, dan mencegah ketombe. Oleskan minyak rosemari pada kulit kepala untuk menstimulasi sirkulasi darah dan mencegah rambut beruban di usia muda. Minyak rosemari juga berfungsi sebagai kondisioner dan menambahkan kilau indah pada rambut.

Membantu Pencernaan

Bersifat anti-peradangan, rosemari bermanfaat untuk saluran pencernaan kita. Rosemari dapat meredakan perut mulas, kembung, dan mengurangi perut bergas. Tumbuhan penghasil rempah ini membantu meningkatkan penyerapan makanan yang kemudian mengendalikan gejala-gejala dispepsia. Rosemari juga mengurangi perut kembung dengan mencegah produksi gas dan membantu mengeluarkan gas berlebih dari sistem pencernaan.