Lima Resep Berbahan Safron Yang Menggugah Selera

Safron ialah salah satu rempah termahal di dunia yang menambahkan cita rasa, warna dan wangi yang enak pada hidangan apapun. Dikenal dengan sebutan ‘kuma-kuma’, rempah ini berasal dari bunga safron crocus dan mengandung sejumlah antioksidan ampuh. Safron juga berfungsi memperbaiki suasana hati dan gejala depresi.

Berikut lima resep berbahan safron yang patut dicoba.

Nasi Safron

Campur safron dan air mawar dalam mangkuk lalu sisihkan. Goreng irisan bawang bombai, tiriskan dan sisihkan. Tumis bawang bombai, almon dan kismis dengan minyak samin selama tiga menit. Tambahkan nasi, campuran safron dan air, bawang goreng, susu dan garam. Aduk rata lalu masak selama tiga menit sambil sesekali diaduk. Hiasi dengan beberapa helai safron lalu sajikan panas dengan kari sayur-sayuran.

Kulfi Safron

Masak susu sambil diaduk. Tambahkan susu kental manis dan aduk rata. Tambahkan kapulaga yang dihancurkan lalu didihkan. Tambahkan potongan kacang mete dan almon, aduk rata. Campur bubuk kapulaga, tepung maizena, susu dan safron. Tambahkan campuran ini ke susu mendidih dan aduk lagi, dinginkan. Tuang campuran ke cetakan kulfi. Masukkan ke kulkas selama tujuh hingga delapan jam dan sajikan dalam keadaan dingin.

Shrikhand Safron

Bungkus dan gantung dadih dalam kain muslin selama tiga jamsampai cairannya habis. Tambahkan beberapa helai safron ke susu hangat lalu aduk sampai larut. Campurkan safron, gula, bubuk kapulaga dan dadih ke mangkuk. Aduk ratamenggunakan mixer. Hiasi shrikhand dengan kacang almon dan pistachio. Sajikan selagi dingin.

Peda Safron

Rendan safron dalam susu hangat dan hancurkan khoya. Tambahkan gula halus dan aduk rata. Masukan campuran tersebut ke wajan anti-lengket dan masak hingga lembut dan agak kental sambil terus diaduk. Masukkan kapulaga yang sudah dihancurkan dan safron, campur dengan baik. Diamkan sampai mendingin lalu bentuk jadi bulatan patty. Campur pistachio dan biji kapulaga lalu tambahkan diatas masing-masing peda.

Pancake Safron

Giling safron dan gula. Tambahkan susu lalu aduk rata. Kocok tepung, bubuk pengembang, gula dan garam dalam mangkuk besar. Di mangkuk lain, tambahkan telur, mentega cair, lalu aduk rata. Masukkan campuran susu dan telur ke campuran tepung lalu aduk perlahan. Tambahkan safron lalu campur semuanya dengan baik. Masak adonan dengan mentega. Sajikan selagi hangat.