Macam-Macam Wadah Makanan

Wadah makanan merupakan peralatan dapur yang serbaguna dan wajib punya.

Dari perspektif bisnis, penampilan wadah kemasan sangat penting karena mengidentifikasi produk dalam rantai distribusi dan membedakannya ketika mencapai konsumen. Berikut ini macam-macam bahan wadah makanan:

Stainless steel

Wadah stainless steel tahan lama, bebas karat dan tahan panas sehingga menjadikannya pilihan yang aman untuk penyimpanan makanan. Bahan ini juga dapat digunakan kembali dan didaur ulang. Kotak makan siang bento stainless steel bisa didapatkan dengan mudah tetapi sebagian besar produk menggunakan silikon sebagai tutupnya untuk membuatnya bebas bocor, baik sebagai segel silikon dengan klip baja yang dapat dikunci atau tutup silikon berwarna-warni, bebas BPA, dan aman untuk makanan. Stoples kaca dengan stainless steel, bertutup kedap udara untuk menyimpan makanan seperti tepung, biji-bijian, dan rempah-rempah adalah pilihan terbaik kedua di dunia sebagai tempat penyimpanan.

Plastik

Plastik adalah bahan polimer organik yang dapat dibentuk menjadi bentuk yang diinginkan. Sifatnya yang ringan dan keserbagunaannya telah dikonfirmasi selama beberapa dekade dalam pemrosesan dan pengemasan makanan.

Wadah plastik dan kemasan melindungi terhadap kontaminasi makanan dan menawarkan kekuatan mekanik yang memadai. Karena biaya yang lebih rendah dan konsumsi energi yang lebih rendah selama pembuatan, plastik telah menggantikan bahan kemasan tradisional.

Sekam padi

Sekam padi merupakan produk sampingan dari pertanian padi yang berbiaya rendah, terbarukan, dan biodegradable. Dalam sebuah penelitian, sekam padi terbukti memiliki sifat bio-adsorben, yang berarti dapat menyerap polutan dari lingkungan sekitarnya. Produk yang dibuat dari senyawa ini termasuk kotak makan siang yang dapat ditutup rapat dan mangkuk saji anti pecah.

Kayu, kardus, dan kertas

Produk yang berasal dari kayu banyak digunakan dalam pengemasan makanan dalam bentuk kertas dan kardus. Kertas adalah produk yang sangat murah dan ringan dengan kapasitas pencetakan yang sangat baik. Meskipun sangat sensitif terhadap kelembapan, dapat dikoreksi dengan kombinasi kertas dan bahan lain seperti plastik atau parafin.

Karton adalah bahan yang terbuat dari beberapa lapisan kertas yang dilapiskan, membuatnya lebih tebal, lebih keras, dan lebih tahan dari kertas.Penggunaan utamanya adalah untuk kemasan dan wadah dalam bentuk kotak.

Dalam beberapa tahun terakhir, produsen kertas dan kardus memberikan perhatian khusus pada masalah yang berkaitan dengan kesehatan dan lingkungan dengan bekerja dengan produk daur ulang yang meningkatkan masa manfaat bahan baku ini.

Bambu

Bambu dapat terurai secara hayati dan memiliki banyak sifat yang diinginkan untuk kemasan makanan, karena tahan lama dan tahan panas. Kemasan makanan yang mengandung bambu termasuk toples kaca dengan tutup bambu, kotak makan siang portabel bebas plastik dengan tutup bambu, kotak roti bambu, dan mangkuk saji bambu.

Perlu diingat bahwa wadah makanan yang terbuat dari bambu atau serat tumbuhan lainnya kurang tahan lama dibandingkan kaca atau stainless steel dan lebih mudah aus.