Manfaat Asam Hialuronat Untuk Kulit

Kalau Anda gemar merawat kulit, maka Anda pasti pernah mendengar produk super bernama asam hialuronat yang bekerja efektif untuk kulit.

Asam hialuronat dikenal dapat menyembuhkan kulit kering dan iritasi serta membuatnya lembut, kencang, dan kenyal. Bahan ini juga membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan serta membuat kulit berstruktur.

Pada dasarnya asam hialuronat adalah molekul gula yang secara alami terdapat dalam tubuh kita, termasuk di kulit, mata, dan persendian.

Molekul tersebut menyimpan hidrasi dan dapat menahan hingga 1.000 kali lipat bobot hidrasi dalam bentuk air yang membantu menghidrasi dan melembapkan kulit kita. Namun, produksi asam hialuronat berkurang dalam tubuh kita seiring pertambahan usia sehingga kita pun perlu menggunakannya secara topikal.

Asam hialuronat memulihkan kelembapan yang hilang pada kulit kita serta membuatnya sehat dan terhidrasi. Dengan bertambahnya kelembapan, kulit semakin halus dan terbebas dari kerutan serta garis-garis halus.

Bahan ajaib ini mampu menarik kelembapan dari lingkungan dan produk perawatan kulit lalu menguncinya ke dalam kulit kita. Asam tersebut juga mengurangi pigmentasi dan mendorong produksi sel kulit baru.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, carilah produk yang mengandung asam hialuronat dan vitamin C. Kedua bahan ini bekerja dengan sangat baik untuk memberikan kulit yang tampak lebih muda dan bebas noda. Produk juga harus bebas dari pewangi dan alkohol.

Kebanyakan orang memilih serum karena memiliki konsentrasi asam hialuronat yang lebih tinggi. Selain itu, belilah pelembap yang mengandung asam hialuronat untuk melipatgandakan efeknya.

Produk asam hialuronat tidak boleh mengandung lebih dari dua persen konsentrasi asam agar kulit dapat menyerapnya dengan mudah. Selalu lakukan patch test sebelum Anda mulai menggunakan produk apa pun. Suntikan asam hialuronat diketahui dapat menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan nyeri yang biasanya sembuh dalam waktu seminggu.

Jadi, periksa bahan-bahan yang bisa menimbulkan alergi sebelum membeli produk.

Produk berbahan dasar asam hialuronat aman digunakan setiap hari, baik pagi maupun malam.

Kalau produk juga mengandung vitamin C, pastikan Anda menggunakan tabir surya.
Oleskan serum pada kulit lembap lalu kunci dengan pelembap dan minyak wajah.

Penggunaan asam ini secara rutin mengurangi munculnya garis-garis halus dalam beberapa minggu. Namun, peningkatan hidrasi akan terlihat dalam beberapa menit.