Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

Kiwi buah berwarna hijau dengan rasa eksotis ini banyak dicari penggemarnya bukan hanya karena rasanya yang asam segar, tapi juga karena manfaatnya.

Selain kaya serat yang baik untuk pencernaan, kiwi juga kaya akan enzim actinidain, enzim protein-larut yang dapat membantu mencerna makanan. Enzim ini sama dengan enzim papain dalam pepaya atau bromelain dalam nanas.

Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi buah kiwi:

• Meningkatkan sistem imun

Buah kiwi mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Jumlah kandungan vitamin C dalam 1 gelas buah kiwi bahkan sudah mampu mencukupi kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C adalah zat gizi yang berperan penting untuk memperkuat sisitem kekebalan tubuh, terutama dalam melawan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Dalam studi yang dipublikasikan Canadian Science Publishing, konsumsi buah kiwi dapat mengurangi durasi penyakit seperti flu pada anak-anak dan orang dewasa.

• Mengendalikan Tekanan Darah

Penelitian Mette S. pada tahun 2014 menunjukkan bahwa zat bioaktif yang terkandung dalam 3 buah kiwi bisa membantu menurunkan tekanan darah. Artinya, jika seseorang rutin mengonsumsi buah kiwi, risiko ia terkena penyakit stroke atau serangan jantung akan berkurang.

Kiwi juga mengandung kalium yang sudah dikenal dengan kemampuannya dalam menjaga fungsi dan kesehatan jantung. Mineral kalium membantu melemaskan pembuluh darah sehingga peredaran darah lebih lancar dan tekanan darah jadi stabil. Kandungan antioksidannya yang tinggi juga dipercaya mampu mencegah penyakit yang disebabkan kerusakan DNA, seperti kanker.

• Kesehatan pencernaan meningkat

Kiwi mengandung serat yang tinggi, tentunya baik untuk pencernaan. Buah ini juga mengandung enzim proteolitik yang disebut actinidin, yang dapat membantu memecah protein. Studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry tahun 2010 menemukan bahwa ekstrak kiwi yang mengandung actinidin sangat meningkatkan pencernaan sebagian besar protein (memecah protein).

• Mengurangi risiko penggumpalan darah

Riset yang sama juga menyebutkan kemampuan buah kiwi untuk mengurangi kadar lemak dalam darah dapat membantu menurunkan risiko terjadinya penggumpalan darah. Artinya, buah kiwi bisa turut mencegah terjadinya penyakit seperti, stroke, serangan jantung, dan penyumbatan pembuluh darah lainnya. Manfaat buah kiwi ini diperkirakan setara dengan mengonsumsi aspirin setiap hari untuk mengoptimalkan kerja jantung.

• Meningkatkan kualitas tidur

Selain kaya akan antioksidan, buah kiwi juga mengandung serotonin yang tinggi. Serotonin merupakan senyawa kimia otak yang dapat membantu mengatur siklus tidur, sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah kiwi sebanyak 1–2 buah sebelum tidur dapat membantu seseorang tidur lebih cepat dan nyenyak.

• Merawat Kulit

Manfaat buah kiwi untuk kecantikan ini berasal dari kandungan antioksidan dan vitamin C-nya. Kedua senyawa tersebut dapat membantu mengencangkan kulit wajah dan mengatasi peradangan serta meredakan jerawat.

• Baik untuk mencegah dan melawan anemia

Kiwi adalah sumber vitamin C yang sangat baik bahkan melebihi jeruk! Kandungan vitamin C-nya bisa mencapai 56 mg per buah, yang mana jumlah tersebut sudah bisa memenuhi angka kecukupan gizi (AKG) 62 persen pada laki-laki dan 75 persen pada perempuan.

Meningkatkan asupan vitamin C lewat pola makan harian dapat membantu mencegah anemia, karena dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh, bila konsumsinya bersamaan dengan makanan tinggi zat besi. Ini tentu dapat membantu melawan anemia defisiensi zat besi, sebagai bagian dari pola makan tinggi zat besi.

• Meredakan asma

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi pada kiwi dapat meredakan gejala asma, seperti sesak napas. Penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbaikan kondisi paru-paru pada penderita asma yang mengonsumsi buah secara teratur, termasuk buah kiwi.

• Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat ini berasal dari kandungan mikronutrien utama pada buah kiwi yaitu vitamin C dan vitamin K. Kedua vitamin ini memiliki peranan vital dalam proses penyembuhan luka. Vitamin C membantu produksi kolagen, yaitu komponen pembentuk sel kulit.

Di saat yang sama, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang mampu memperbaiki kerusakan sel. Sementara itu, vitamin K dapat mencegah terjadinya perdarahan berlebih dan mempercepat proses pembekuan darah. Vitamin K pada buah kiwi juga berkhasiat untuk menjaga ketahanan sel-sel tubuh.