Manfaat Coklat Untuk Wanita

Kabar baik untuk para pecinta cokelat! Meski mitosnya makanan super enak dan menggoda ini bisa membuat gemuk, namun faktanya cokelat bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, terutama untuk para wanita.

Apa saja manfaat cokelat bagi kesehatan perempuan? Ini dia.

• Cokelat menurunkan risiko stroke. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang rajin makan cokelat, setidaknya dua cokelat per minggu memiliki risiko stroke 20 persen lebih rendah. Cokelat juga mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan hebat. Flavonoid bisa mencegah radikal bebas yang memicu penyakit jantung dan stroke. Selain itu, cokelat juga bisa menurunkan tekanan darah, resistensi insulin, dan penggumpalan darah.

• Mencegah komplikasi kehamilan Wanita yang sedang hamil bisa mendapatkan manfaat dengan mengonsumsi cokelat. Sebuah penelitian mengungkap bahwa theobromine, yaitu zat yang terkandung dalam cokelat bisa mencegah pre-eklamsia, salah satu bentuk komplikasi yang serius pada wanita hamil. Pre-eklamsia menyebabkan peningkatan tekanan darah pada wanita hamil. Mengonsumsi cokelat bisa menurunkan risiko terkena pre-eklamsia dan komplikasi melahirkan hingga 60 persen.

• Meredakan gejala PMS Cokelat bisa melepaskan endorfin dan meredakan kecemasan. Ini karena kandungan magnesium di dalamnya yang bisa meningkatkan mood.

• Melindungi wanita dari penyakit jantung Para ilmuwan di Universitas Linköping di Swedia telah berhasil mempelajari bagaimana cokelat hitam bermanfaat bagi jantung. Penelitian mereka selanjutnya menemukan bahwa relawan yang mengonsumsi 75 gram cokelat tanpa pemanis dengan kandungan kakao 72 persen, mengalami penurunan tingkat aktivitas enzim sebesar 18 persen.

• Cokelat membuat berat badan lebih ideal Sebuah studi yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menemukan bahwa orang yang sering makan cokelat cenderung memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah. Dalam penelitian terhadap sekitar 1.000 pria dan wanita AS, mereka yang makan cokelat beberapa kali seminggu, rata-rata, lebih ramping daripada pemakan cokelat sesekali. Tentu saja, penelitian ini akhirnya membuktikan bahwa cokelat memang bermanfaat bagi diet weight loss.

• Mengurangi rasa sakit Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Neuroscience menunjukkan, tikus tidak cepat merespons rasa sakit saat sedang makan cokelat. Walau cokelat memiliki sederet manfaat kesehatan, Anda disarankan untuk tidak berlebihan mengonsumsinya. Cokelat yang memberikan manfaat kesehatan adalah jenis dark chocolate (cokelat hitam) karena mengandung flavonoid lebih tinggi dan sedikit gula.