Manfaat Cuka Apel untuk Kulit

Cuka apel merupakan bahan alami yang banyak dimanfaatkan untuk kecantikan. Walau memiliki bau yang menyengat, manfaat fermentasi dari ekstrak apel tak bisa diremehkan.

Tak hanya bermanfaat bagi kulit wajah, cuka apel juga bisa dimanfaatkan untuk rambut dan kulit kepala. Lengkapnya, berikut beberapa manfaat cuka apel bagi kecantikan.

Eksfoliator Kulit Kepala
Tak hanya kulit wajah, kulit kepala juga butuh dieksfoliasiagar terbebas dari berbagai macam masalah rambut. Cuka apel bersifat anti-bakteri dan anti-jamur yang bisa dimanfaatkan untuk mengeksfoliasi kulit kepala.

Caranya sangat mudah, campurkan cuka apel dalam sampo yang kamu miliki, kemudian keramas seperti biasa. Dengan begitu, kulit kepala menjadi lebih bersih dan sehat.

Toner
Cuka apel juga bisa digunakan sebagai toner. Namun, harus dicampur dengan air. Kalau kamu memiliki kulit sensitif, bisa mencampurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:3, atau 1:1 untuk kulit yang telah terbiasa dengan cuka apel.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, cukup aplikasikan ke wajah dengan menggunakan kapas. Namun, pastikan wajah kamu dalam kondisi bersih sebelum menggunakannya.

Pelembut Rambut
Selain berfungsi untuk membersihkan kulit kepala, cuka apel juga memiliki kemampuan melembutkan rambut, khususnya bagi kamu yang punya rambut keriting. Cuka apel bekerja dengan cara menutupi folikel rambut, dan membuat tekstur rambut lebih bagus.

Obat Jerawat
Cuka apel juga bermanfaat mengatasi jerawat di wajah. Cukup dengan menggunakan cotton bud, tepat pada titik jerawat, dan biarkan semalam.