Manfaat Daun Jambu Biji bagi Kesehatan

Jambu biji kaya vitamin C, antioksi dan lainnya. Selain buahnya, daun jambu biji juga tak kalah bermanfaat bagi kesehatan. Daun jambu biji sejak dulu sudah digunakan sebagai obat herbal di berbagai belahan dunia.

Berikut beberapa manfaat daun jambu biji bagi kesehatan yang perlu diketahui.

Menurunkan berat badan
Tidak hanya buahnya yang termasuk makanan yang ramah penurun berat badan tapi juga daunnya. Daun jambu biji membantu menurunkan berat badan dengan mencegah pati kompleks diubah menjadi gula.

Meredakan diare
Diketahui ekstrak daun jambu biji bisa bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Studi menunjukkan daun bisa mengurangi intensitas dan durasi diare. Beberapa penelitian menunjukkan ekstrak daun jambu biji bersifat antimikroba.

Menyembuhkan demam berdarah
Daun jambu biji bisa membantu dalam menyembuhkan demam berdarah. Ekstrak daun jambu biji mampu meningkatkan jumlah trombosit dalam darah dan sama sekali tak beracun. Anda bisa mengekstrak dengan merebus 8-9 lembar daun jambu biji dalam lima gelas air hingga setengahnya.

Mengobati jerawat
Daun jambu biji juga bermanfaat bagi penderita masalah jerawat dan flek hitam. Daun ini secara efektif menghilangkan jerawat dan bintik hitam dari kulit. Daun jambu biji mengandung antiseptik yang membunuh bakteri penyebab jerawat.