Manfaat Minyak Jahe

Jahe menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan dan sudah dipercaya sejak dahulu. Begitu juga dengan manfaat minyak jahe untuk kesehatan. Minyak jahe dapat membantu mengatasi masalah kesehatan dan berbagai penyakit ringan.

1.Dapat Mengatasi Mual

Manfaat minyak jahe untuk kesehatan yang pertama yakni adalah dapat mengatasi mual. Menghirup minyak jahe dapat membantu mengatasi mual dan muntah. Minyak jahe juga dipercaya dapat mengatasi gangguan pencernaan, diare, dan sakit perut dengan cara mengoleskannya seperti minyak angin.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak jahe mampu membantu dalam menangani gejala mual setelah operasi perut. Tingkat mual pada pasien yang menggunakan minyak ini lebih rendah daripada mereka yang menggunakan plasebo.

2.Melancarkan Saluran Pernapasan

Manfaat minyak jahe untuk kesehatan beriktunya yakni dapat melancarkan saluran pencernaan. Bagi kamu yang sedang pilek, menghirup minyak jahe dapat membantu melancarkan pernapasan agar lebih rileks dan hangat.

Sejak dulu kala, minyak jahe digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai infeksi terkait saluran pernapasan seperti pilek, flu, batuk, asma, dan bronkitis. Minyak jahe memiliki aroma hangat dan menenangkan untuk menghilangkan lendir dari tenggorokan dan paru-paru penyebab gangguan pernapasan ringan.

3.Mengurangi nyeri punggung bawah

Menggunakan minyak jahe untuk pijat sudah diteliti mampu mengurangi nyeri punggung bawah kronis dengan lebih baik. Dalam suatu riset, para peneliti mencoba membandingkan apakah melakukan pijat Swedia dengan minyak jahe lebih efektif daripada pijat tradisional Thailand. Mereka menguji teori ini pada 140 orang lanjut usia (lansia) dengan nyeri punggung bawah yang kronis. Meskipun kedua perawatan tersebut dapat mengurangi gejala, pijat Swedia dengan minyak jahe dinilai lebih efektif untuk menekan nyeri. Para peneliti mengatakan bahwa hasil ini ada kaitannya dengan zat zingiban dalam minyak jahe yang memiliki sifat antiperadangan.

4.Mengatasi Infeksi

Manfaat minyak jahe untuk kesehatan berikutnya yakni dapat mengatasi infeksi Kandungan antiseptik alami pada minyak jahe berfungsi untuk membunuh infeksi bakteri atau mikroorganisme. Minyak jahe memiliki potensi untuk mengatasi infeksi akibat bakteri Escherichia coli, Bacillus subtilis, dan Staphylococcus aureus.

5.Mengatasi migrain

Manfaat minyak jahe yang satu ini juga bisa dicoba. Jika sering mengalami sakit kepala atau migrain, pijatlah bagian dahi, pelipis, dan belakang leher dengan minyak jahe yang telah dilarutkan dengan carrier oil. Lakukan langkah ini satu atau dua kali sehari. Selain mengurangi ketegangan pada kepala, aroma minyak jahe dapat pula menekan rasa mual yang sering menyertai migrain. Kita pun bisa meneteskannya ke tisu dan menghirupnya untuk mengurangi mual. Membantu dalam menyuburkan rambut Meski penelitian tentang manfaat minyak jahe terhadap kesuburan rambut belum ada, tak ada salahnya jika Anda ingin mencoba. Sebelum mengoleskannya ke rambut, larutkan minyak jahe terlebih dulu dengan carrier oil. Setelah tercampur rata, oleskan minyak ini ke kulit kepala dan rambut, diamkan selama 15-30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

6.Menjaga Kecantikan Kulit

Manfaat minyak jahe selanjutnya yakni dapat menjaga kecantikan kulit. Penelitian pada tahun 2015 meneliti beberapa minyak atsiri termasuk manfaat minyak jahe sebagai krim antikeriput. Hasilnya, kandungan antioksidan pada minyak jahe memiliki potensi untuk mengatasi keriput, kerutan halus, atau kulit kasar.

7.Efek Antioksidan

Manfaat minyak jahe untuk kesehatan berikutnya yakni dapat memberikan efek antioksidan. Tanaman herbal jahe dikenal sebagai sumber antioksidan alami yang kuat. Antioksidan adalah zat penting untuk melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel.

Berdasarkan sebuah penelitian, minyak atsiri jahe memiliki aktivitas antikanker dari kombinasi bahan aktif gingerol dan zerumbone yang potensial. Walaupun demikian, belum ada penelitian medis yang membuktikan manfaat minyak jahe sebagai antikanker alami walaupun efek antioksidannya sangat kuat.