Manfaat Pegunungan

Jarang diketahui, selain hanya untuk mendaki, gunung memiliki peran yang sangat penting untuk kehidupan seluruh makhluk hidup.

Pegunungan adalah sekumpulan dataran tinggi yang menjulang ke atas dengan menampilkan kenampakan alam berupa lembah, jurang, tebing/cliff, dan lain sebagainya. Banyak manfaat yang dirasakan bagi manusia dengan hadirnya pegunungan. Manfaat pegunungan dapat disimak sebagai berikut:

1. Penyedia Air Bersih

Manfaat gunung bagi kehidupan makhluk hidup yang tak kalah penting adalah sebagai penyedia air bersih. Manfaat gunung memainkan peran penting menyediakan jutaan kubik air bagi jutaan orang di seluruhh dunia. Hal ini karena gunung menyediakan 60 hingga 80 persen air tawar dunia. Hal itu tidak berfungsi dengan baik jika pepohonan di gunung dibabat habis, sehingga penyerapan air tidak berjalan maksimal. Perlu diketahui juga kota-kota besar di dunia seperti Melbourne, New York, Rio de Janeiro dan Tokyo bergantung pada pegunungan untuk mendapatkan air tawar. Selain itu beberapa negara juga mengandalkan air di daerah pegunungan untuk pembangkit listrik.

2. Tempat Wisata

Pemanfaatan pegunungan selanjutnya digunakan sebagai tempat wisata. Gunung dan pegunungan memiliki pemanfaatan yang berbeda dalam kegunaannya sebagai objek wisata. Untuk gunung, mencapai puncak harus dilewati dengan cara mendaki akibat sulitnya medan pendakian. Sedangkan pegunungan sudah dirancang untuk dapat dilewati oleh mobil/motor sehingga tidak perlu mendaki sampai ke puncak.

3.Penting bagi Kaum Muda

Kehidupan di gunung yang jauh dari fasilitas perkotaan kadang menyulitkan bagi para kaum muda pedesaan. Sehingga tak sedikit dari mereka yang memilih pergi merantau ke kota dan meninggalkan daerahnya. Hal ini menyebabkan berkurangnya kaum muda yang menetap di pegunungan sehingga tenaga kerja dii wilayah pegunungan semakin berkurang. Maka dari itu kajian-kajian penting tentang hutan perlu diedukasi kepada masyarakat pegunungan, terutama kaum muda. Agar gunung tetap dihormati sebagai situs dunia yang perlu dilestarikan. Kini hutan di gunung sering mengalami kebakaran karena ulah orang tak bertanggungjawab. Migrasi dari pegungan juga menyebabkan peningkatan lahan pertanian yang terlantar, degradasi dan seringkali kebakaran hutan. Di tingkat komunitas, nilai-nilai budaya dan tradisi kuno hilang.

4. Pegunungan Penting bagi Masyarakat Adat

Karena banyak daerah pegunungan menampung komunitas adat kuno yang memiliki dan memelihara pengetahuan, tradisi, dan bahasa yang berharga. Masyarakat pegunungan telah mengembangkan sistem penggunaan lahan yang luar biasa dan memiliki kekayaan pengetahuan dan strategi yang terkumpul dari generasi ke generasi tentang bagaimana beradaptasi dengan variabilitas iklim seperti yang dilansir dari laman Eco Watch.

5. Menjaga Keragaman Hayati

Gunung dikenal sebagai tempat hidup keragaman hayati. Hampir berbagai macam spesies unik ditemukan di pegunungan. Untuk menjaga kelestarian keanekaragaman hayati, banyak gunung ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan cagar biosfer. Sebab semua meyakini bahwa gunung memainkan peran penting dalam pembangunan berkelanjutan dan konservasi keanekaragaman hayati. 25 persen keanekaragaman hayati dunia di darat bertempat tinggal di gunung. Tak hanya itu, hampir sepertiga dari hutan dunia yang ditemukan di daerah pegunungan, berisi beranekaragam jenis pohon khusus yang tidak dapat bertahan di bagian hilir.

6. Penghasil Oksigen

Manfaat hutan salah satunya ialah sebagai paru-paru dunia. Disebut demikian karena setiap pohon yang ada di hutan menghasilkan oksigen sebagai syarat hidup manusia dan binatang. Tumbuhan menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis. Pada proses tersebut tumbuhan membutuhkan penyerapan air, karbondioksida, dan sinar matahari untuk kemudian diolah menjadi oksigen. Proses fotosintesis tersebut dilakukan secara alami/naluriah oleh setiap tumbuhan.