Manfaat Tidur Memeluk Guling

Walau sering disepelekan, tidur memeluk guling ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dilansir Healthline, peneliti memperkirakan 23 persen populasi orang dewasa di dunia hidup dengan nyeri punggung kronis. Memperbaiki posisi tidur menjadi salah satu cara mudah mengurangi sakit punggung karena postur tubuh yang buruk. Berikut manfaat tidur memeluk guling:

Mengurangi linu panggul

Linu panggul merupakan pelampiasan saraf linu panggul yang biasanya menyebabkan rasa sakit di bokong dan bagian belakang kaki. Tidur dengan posisi yang menyebabkan punggung bawah dan pinggul terpuntir dapat memperburuk nyeri linu panggul karena posisi ini semakin menekan saraf.

Menempatkan guling di antara kedua kaki membuat panggul tetap netral dan mencegah tulang belakang berputar di malam hari. Ini dapat menghilangkan beberapa tekanan dari jaringan di punggung dan berpotensi mengurangi rasa sakit karena linu panggul.

Mengurangi risiko pinggul dan punggung terpelintir

Menempatkan guling di antara lutut membantu menjaga lutut di atas satu sama lain. Tanpa guling, pinggul dan punggung akan cenderung terpelintir.

Membantu menghilangkan ketegangan pada otot

Menempatkan guling di antara paha berpotensi membantu menjaga keselarasan alami pinggul dan panggul saat tidur. Penyelarasan ini membantu menghilangkan ketegangan pada ligamen atau otot yang meradang.

Membantu memperbaiki postur

Studi menemukan, tidur dengan posisi tidak simetris bisa menyebabkan perubahan struktural negatif pada tulang belakang. Memperbaiki postur tidur dengan memeluk guling di antara kedua kaki dapat membantu menjaga kesehatan tulang belakang dan postur tubuh secara keseluruhan.