Mau Bermain Sambil Belajar, Ajak Anak ke Sini!

SekolahNews — Dunia Anak-anak adalah dunia bermain dan belajar. Belajar mengenal segala pengetahuan untuk bekal mereka ke jenjang berikutnya

Jadi, menjadi kewajiban  orang tua untuk memberikan bekal sebanyak mungkin bagi anak-anak untuk mengenal alam dan lingkungannya, seperti dikutip dari laman Pesona Indonesia, (13/11/2019).

Dan, belajar itu tidak melulu dilakukan di sekolah. Anak-anak pun dapat diajak belajar sambil mengunjungi berbagai tempat wisata yang tak hanya menawarkan kesenangan atau sekadar jalan-jalan, tapi juga menjadi sarana belajar bagi si kecil.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Tentang Candi Prambanan

Destinasi wisata edukasi untuk anak tersebar di berbagai daerah di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan lainnya.

Nah, jika Anda ingin mengajak si kecil jalan-jalan sambil belajar, ajak saja ke beberapa destinasi wisata edukasi di bawah ini!

Hutan Mangrove
Wisata Mangrove (Pesona Indonesia)

Tak hanya laris dikunjungi oleh orang dewasa khususnya yang senang berfoto, nyatanya hutan mangrove juga dapat dijadikan sarana belajar bagi anak-anak. Di hutan ini, anak akan belajar tentang fungsi hutan mangrove bagi alam dan kehidupan manusia yang tak lain untuk mencegah erosi.

Selain itu, di hutan mangrove, anak-anak juga dapat bermain dan mempelajari berbagai tumbuhan bakau dan biota air yang tumbuh dan hidup di hutan tersebut. Terakhir, tentu saja mengajak si kecil untuk berfoto di hutan tersebut.

Baca juga: Menjadi Putra Putri Minang di Istana Pagaruyung
Museum

Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa museum adalah salah satu destinasi wisata yang dapat memberikan edukasi pada anak-anak. Bagaimana tidak, umumnya museum menyimpan barang-barang yang memiliki nilai sejarah yang tinggi, seperti sisa perang, temuan prasejarah, dan lainnya.

Di museum, anak tentu akan mengetahui berbagai sejarah panjang tentang barang-barang yang ada di museum tersebut. Jadi, tak hanya mengetahui kehidupannya di masa sekarang, anak juga tahu kehidupan yang jauh sebelum mereka dilahirkan.

Kebun Binatang

Tak hanya anak-anak, nyatanya orang dewasa pun gemar pergi ke kebun binatang. Hal ini tak lepas dari banyaknya hewan yang ada di tempat tersebut, mulai dari yang jinak hingga buas.

Nah, di kebun binatang, ada banyak hal yang dapat dipelajari oleh anak-anak, beberapa di antaranya adalah mengenal beragam jenis hewan dan mengajarkan mereka untuk menjaga kelestarian hewan-hewan tersebut.

Desa Wisata

Berkunjung ke desa wisata, anak-anak bisa mengenal lebih dekat adat istiadat masyarakat daerah tempat tinggalnya. Pun hasil kerajinan serta seni budaya tempat ia tinggal dan dibesarkan.

Jadi tunggu apa lagi, segera ajak si kecil ke destinasi wisata tersebut yang terdekat dari rumah!