Mau Jadi Barista ? Ini 5 Sekolah Barista di Indonesia

Sekolahnews.com -Menjamurnya kedai kopi di Indonesia membuat profesi barista menjadi salah satu yang menjanjikan. Sejak awal 2017, profesi barista sudah diakui oleh negara. Dinas Pariwisata dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah mengukuhkannya menjadi salah satu profesi.

Namun, menjadi barista tidak asal merebus air dan mencampurnya dengan kopi di sebuah cangkir. Ternyata para barista itu juga menempuh pendidikan, baik formal maupun non formal.

Nah, berikut ini beberapa cafe yang sekaligus membuka tempat belajar atau sekolah bagi para calon barista:

Caswell’s Coffee Lab

Tempatnya tepi Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan. Caswell’s Coffee Lab ini udah diakreditasi Specialty Coffee Association of America (SCAA). Sekolah ini juga punya program pelatihan untuk jadi quality grader.

Dengan ikuti program ini, kamu bisa menjadi seorang cuppers atau pencicip kopi yang ahli. Keterampilan ini penting untuk menilai kualitas kopi dan karekteristik berbagai macam kopi.

5758 Coffee Lab

Sekolah yang satu ini berada Bandung, Jawa Barat. 5758 Coffee lab pas banget untuk yang mau belajar kopi dan membuka kedai kopi.

Instruktur di 5758 Coffee Lab telah mempunyai sertifikat quality grader dari Specialty Coffee Association of America (SCAA). Selain kelas barista, kamu juga dapat manual brewing, kelas latte art, hingga kelas quality grader.

Ingin belajar kopi di sini, biayanya pun beragam, mulai dari sekitar 750 ribu sampai puluhan juta rupiah. Biaya ini tergantung dari jenis kelas yang diambil.

Indonesian Coffee Academy

Indonesian Coffee Academy letaknya berada di salah satu coffee shop Anomali Coffee, di kawasan Kemang, Jakart Selatan. Belajar kopi di sini akan dimulai dengan belajar pengetahuan dasar soal kopi.

Indonesian Coffee Academy membuka kelas barista pemula dengan harga yang cukup terjangkau, yakni hanya 3 juta rupiah.

A Bunch of Caffeine Dealers (ABCD)

Bagi para pencinta kopi, A Bunch of Caffeine Dealers (ABCD) sudah sangat dikenal di Jakarta. Di ABCD, peserta dapat belajar tentang teori-teori soal kopi dan juga praktik langsung. Kelas kopi di sini cukup lengkap.

Harga belajar di sini memang cukup mahal mulai yaitu 5 juta rupiah untuk keseluruhan paket. Lokasi kafe ini ada di Jalan RP Soeroso, Menteng, Jakarta Pusat.

Universitá del Caffé dell ‘Indonesia (UDC)

Universitá del Caffé dell ‘Indonesia atau Universitas Kopi Indonesia sebenarnya cabang dari Italia. Sekolah kopi yang satu ini punya misi mencetak coffee artist.

Di sekolah ini, setiap orang akan dilatih menjadi barista dengan mulai belajar tentang ilmu dasar perkopian. UDC memasang harga 2,6 juta rupiah untuk dua kelas, Espresso Expert dan Creative Coffee.(kalderanews.com).