Maudy Ayunda Jadi Jubir Presidensi G20 dan 6 Prestasi yang Bikin Kagum

Sekolahnews.com – Aktris dan penyanyi Maudy Ayunda tak henti-hentinya menuai decak kagum. Baru-baru ini, dia didapuk oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate sebagai Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20.

Ini memang bukan kali pertama prestasinya bikin keluarganya bangga. Sebelumnya dia sempat bikin heboh lantaran kebingungan memilih melanjutkan S2 di Universitas Harvard atau Universitas Stanford.

Apa saja sih prestasi Maudy Ayunda yang lain sebelum menjadi juru bicara alias jubir G20? Simak berikut ini.

1. Juru Bicara untuk Presidensi G20 Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate memperkenalkan Maudy Ayunda sebagai Juru Bicara untuk Presidensi G20 Indonesia pada Kamis (31/3/2022) lalu. Bukan tanpa alasan, Maudy Ayunda terpilih sebagai jubir karena juga menguasai beberapa bahasa asing untuk menunjang tugasnya tersebut.

Selain itu, Maudy Ayunda dipilih sebagai jubir untuk tujuan memberikan informasi terkait pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi G20 Indonesia kepada berbagai generasi, khususnya diharapkan bisa menjangkau generasi milenial dan generasi Z.

2. Forbes 30 Under 30 Asia 2021

Maudy Ayunda masuk dalam jajaran Forbes 30 Under 30 Asia 2021 sebagai entrepreneur top muda. Seperti diketahui, Maudy masih berusia 26 tahun saat itu. Nama Maudy Ayunda tercantum di kategori Asia dengan spesifikasi Entertainment dan Sports.

Maudy Ayunda terpilih masuk dalam jajaran Forbes 30 Under 30 Asia 2021 bersama nama-nama besar lain seperti Hwasa, Bae Suzy, IU, Nam Joo Hyuk, dan Jackson Wang karena prestasinya di dunia hiburan serta semangatnya memajukan pendidikan di Indonesia.

3. Dirikan Maudy Ayunda Foundation

Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap dunia pendidikan Indonesia, Maudy Ayunda mendirikan Maudy Ayunda Foundation. Maudy mendapatkan inspirasi setelah berkeliling ke beberapa kota di Indonesia dan mendengarkan curhatan banyak anak muda.

Melalui Maudy Ayunda Foundation, Maudy Ayunda membuat berbagai program, salah satunya Scholarship and Mentorship Program yang mengajak anak muda berusia 17-18 tahun berdiskusi tentang pilihan pendidikan mereka di masa mendatang.

4. Raih 2 Gelar Pascasarjana Sekaligus

Maudy Ayunda lagi-lagi diterima di dua universitas kenamaan dunia saat mendaftar kuliah pascasarjana. Tak main-main, Maudy dipersilakan berkuliah di Universitas Harvard dan Universitas Stanford loh!

Maudy Ayunda akhirnya memilih Universitas Stanford karena ia nantinya bisa mendapatkan gelar gabungan. Benar saja, Maudy menempuh pendidikan pascasarjana jurusan Administrasi Bisnis dan Pendidikan sekaligus, kemudian berhasil lulus dalam waktu 2 tahun. Kini Maudy Ayunda menyandang gelar Ayunda Faza Maudya BA, MA, MBA.

5. Mahasiswa Indonesia Pertama di Jurusan PPE Oxford University

Setelah lulus SMA, Maudy Ayunda dihadapkan kebimbangan memilih Universitas Oxford atau Universitas Columbia. Akhirnya Maudy memilih Universitas Oxford dengan pertimbangan lebih dekat dari Indonesia. Maudy yang memilih Philosophy, Politics, Economics (PPE) menjadi mahasiswa pertama asal Indonesia jurusan tersebut di Oxford.

Selama berkuliah di Universitas Oxford, Maudy Ayunda juga mengukir sejumlah prestasi membanggakan. Di antaranya menjadi ketua pembicara komunitas Oxford Economics Society hingga lulus cumlaude dalam waktu 3 tahun. Keren abis!

6. Ketua Osis SMA

Maudy Ayunda tak mengenyampingkan pendidikan meski berkarier di dunia hiburan. Ia bahkan bersekolah di British International Jakarta yang siswanya bukan hanya berasal dari Indonesia. Berbagai prestasi seperti memenangkan lomba matematika, lari, hingga pidato antarsekolah membuat Maudy Ayunda kemudian juga dipercaya menjadi Ketua OSIS.(suara.com).